Kopi Indonesia Diminati Mancanegara, Tiap Daerah Punya Cita Rasa Berbeda

Kopi Indonesia Diminati Mancanegara, Tiap Daerah Punya Cita Rasa Berbeda

Travel | BuddyKu | Selasa, 13 Desember 2022 - 15:41
share

JAKARTA, iNews.id - Sejak zaman dulu kopi Indonesia dikenal memiliki kualitas terbaik dan cita rasa beraneka ragam. Tak heran, banyak pecinta kopi dari mancanegara berburu komoditas ini.

Memiliki letak geografis dan karakter tanah yang berbeda-beda menjadikan banyak jenis kopi tumbuh di Indonesia. Seperti kopi Toraja yang tumbuh di wilayah kaki Gunung Sesean pada ketinggian 1.400-2.100 mdpl.

Pada elevasi setinggi ini, serta jenis tanah andosol, rasa dari kopi akan menjadi sangat kompleks. Ini yang menjadi alasan utama kopi Toraja memiliki aroma floral yang menonjol, ujar Evani Jesslyn, coffee enthusiast yang merupakan juara kompetisi Barista Farmer di Brasil 2016 dalam keterangan pers dilansir Selasa (13/12/2022).

Dia menuturkan untuk kopi Jawa didatangkan dari petani di wilayah Temanggung. Daerah ini terkenal dengan kopi Robusta kualitas meningkat dari tahun ke tahun. Kebun kopi yang terletak di lereng Gunung Kelir dengan Ketinggian 800-1.000 m dpl ini sangat bagus untuk menanam kopi robusta berkualitas.

Banyak orang masih berpikir rasa kopi robusta itu tidak menyenangkan, aroma tanah, sepet, pahit. Namun, kami menemukan pengolahan kopi robusta yang spesial, khususnya dari Temanggung, petik merah dan fullwash, yang menghasilkan rasa kopi yang clean dengan rasa cokelat dan kacang. Mereka menggunakan Wet Process yang biasanya digunakan untuk memproses Arabika, katanya.

Evani menyebutkan pilihan sajian kopi terbaik bisa mendukung kesehatan tubuh. Bila ada konsumen yang ingin minum kopi, tapi takut terkena gangguan lambung, atau takut pahit, atau perlu untuk melancarkan metabolisme tubuh ada solusinya. Kami bisa pilihkan kopi untuk masing-masing kondisi kesehatan dan kegunaannya. Jadi bisa lebih tenang menikmati kopi tanpa takut terganggu kesehatannya, ujarnya.

width=560
width=560

Melihat potensi kopi di Indonesia yang besar, Evani ingin menyajikan kopi-kopi kurasi terbaik dari masing-masing daerah. Saya harus memahami cara analisa kualitas dan mencapai standar kualitas tersebut. Sebab itu, saya harus bisa memahami keseluruhan proses kopi hulu-hilir secara mendalam, agar saya juga dapat sharing ilmu kopi berstandar international kepada semua orang yang bekerja di industri kopi, kata pemilik Strada Coffee ini.

Sebab itu, Evani mengambil hampir semua training sertifikasi kopi di seluruh dunia. Dia pun mendapatkan hampir 20 sertifikat hingga dan menjadi pengajar bersetifikasi internasional.

Banyak kopi terbaik di Indonesia diekspor. Ini tak banyak diketahui masyarakat yang gemar meminum kopi. Sehingga penting bagi kami mengumpulkan kopi terbaik tersebut disajikan lokal. Kami juga memberikan pelatihan kepada para petani sampai ke para barista agar kopi yang dinikmati sesuai dengan keinginan dan ekspektasi konsumen, ujarnya.

Diketahui, Evani pernah menyajikan kopi-kopi terbaik di Indonesia kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertama di Istana Bogor pada 2017 dalam acara Hari Kopi International. Kedua, secara khusus menyajikan kopi-kopi Indonesia seperti kopi dari Papua, Bali dan sebagainya.

Presiden
Presiden Jokowi saat meracik kopi. (Foto: Istimewa)