Kisah Sukses Mantan TKW, Jadi Pengusaha Gatot dan Nasi Jagung Instan Laris Sampai Taiwan

Kisah Sukses Mantan TKW, Jadi Pengusaha Gatot dan Nasi Jagung Instan Laris Sampai Taiwan

Travel | BuddyKu | Selasa, 8 November 2022 - 11:53
share

Kerja keras tak akan mengkhianati hasil, istilah ini tepat diberikan kepada Siti Muniroh (60) warga Desa Demuk, Kecamatan Tulungagung , Jawa Timur. Sebab, mantan Tenaga Kerja Wanita (TKW) ini kini sibuk menerima berton-ton orderan makanan tradisional buatannya sendiri seperti gatot, tiwul dan nasi jagung instan.

Ditemui saat memamerkan produknya, Siti mengatakan ide tersebut muncul pada 2005. Awalnya, Siti yang masih berprofesi sebagai TKW sedang mempersiapkan diri untuk berangkat lagi ke Taiwan, namun setelah menunggu beberapa lama di penampungan TKW, namanya enggak masuk dalam daftar yang diberangkatkan.

Siti akhirnya memilih untuk pulang kampung dan memulai usaha menjual snack di sekolah-sekolah sambil membuat makanan tradisional dan dititipkan di warung dan penjual sayur keliling.

pembuat gatot dan nasi jagung instan
Siti saat memamerkan produknya dalam bazar (Z Creators/Firman Imansyah)

Usahanya terus berkembang hingga akhirnya ia mendapat pelatihan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab)setempat. Berkat pelatihan tersebut terciptalah makanan tradisional yang ia sajikan dalam model instan dan awet sampai satu tahun lamanya.

"Saya dibina Pemkab sampai juara di provinsi, kemudian ada alat juga untuk membuat makanan instan ini," jelas Siti.

kuliner tradisional buatan mantan tkw
Aneka kuliner tradisional buatan Siti (Z Creators/Martin)

Siti mengaku, perjalanan usahanya enggak selalu mulus, dirinya sempat hampir rugi karena mengerjakan pesanan beberapa ton nasi jagung yang dipesan oleh seseorang yang tak bertanggung jawab. Hingga ia harus memutar otak untuk menjualnya sedikit demi sedikit.

"Saya jual sedikit demi sedikit Mas, lah gimana kan sudah jadi produknya, mau dikemanakan," ucapnya.

Kini bisnis rumahannya itu telah memiliki 15 karyawan. Enggak hanya diminati oleh pasar Indonesia, produk makanan tradisional olahan Siti ini juga laris di pasar Malaysia dan Taiwan. Enggak tanggung-tanggung, dirinya bahkan bisa melayani orderan lima kuintal nasi jagung dan produk lainnya untuk mensuplai satu pembeli per minggu.

Sementara untuk pengiriman hingga ke Taiwan dan Malaysia bermula saat salah satu rekan TKW-nya pulang kampung dan mampir ke rumahnya. Temannya langsung memesan sejumlah produk untuk dikirim ke Malaysia dan Taiwan hingga saat ini.

Keren!

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik!Lets join Z Creators dengan klik di sini .

Z Creators
Z Creators
Topik Menarik