Kemenparekaraf di Bawah Pimpinan Sandiaga Salahuddin Uno

Kemenparekaraf di Bawah Pimpinan Sandiaga Salahuddin Uno

Travel | inews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 07:08
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) sekaligus Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Barekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berpamitan di akhir jabatannya. Berdasarkan Travel and Toursm Index yang dirilis World Economic Forum di bawah kepemimpinan Sandiaga, pariwisata Indonesia meraih prestasi gemilang.

Ini menunjukkan pariwisata Indonesia semakin berkualitas dan berkelas dunia. Bahkan, Pariwisata Indonesia mengalahkan Thailand dan Jepang.

"Pada saat saya ditunjuk berada pada situasi yang sangat memprihatinkan. Covid-19 sedang timggi-tingginya dan kita tidak memiliki wisatawan satu pun, ekonomi kreatif pun terpuruk. Kami tentunya bersykur melalui kolaborasi dengan semua pemangku kepentingan dengan kebijakan-kebijakan yang tepat di bawah arahan Pak Jokowi dan juga dukungan dari seluruh pihak, sekarang pariwisata kita sudah bisa bangkit, pulih, melebihi dari segi kualitas dan keberlanjutan sebelum pandemi," ujar Menparekaraf Sandiaga.

Dia menuturkan capaian ini patut dijadikan momentum untuk membangun pariwisata Indonesia lebih berkualitas dan berkelanjutan. Dulu orang berwisata ke Indonesia itu mencari 3S, yaitu sun, sea dan sand. Sekarang dengan peningkatan kualitas, mereka mencari Serenity (keheningan), Spirituality (spiritualitas), dan Sustainability (keberlanjutan lingkungan dan kelestarian alam).

"Saya berharap tentunya nanti momentum sangat baik ini, posisi kita di dunia yang sudah menorehkan prestasi bisa ditingkatkan lagi," kata Menparekraf Sandiaga.

Wisata petualangan menjadi salah satu destinasi yang mendorong pariwisata Indonesia. Sandiaga menilai Nature, Culture dan Adventure menjadi produk utama wisata si Indonesia. Ke depan eco tourism dan sport tourism sangat mendukung sangat mendukung wisata berbasis petulangan maka peluang sangat cerah ke depan.

Topik Menarik