Janur Kuning Hiasi Gedung MPR/DPR di Momen Pelantikan Prabowo-Gibran, Ini Maknanya

Janur Kuning Hiasi Gedung MPR/DPR di Momen Pelantikan Prabowo-Gibran, Ini Maknanya

Travel | inews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 09:15
share

JAKARTA, iNews.id - Gedung MPR/DPR dipersolek di momen pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Janur kuning hingga tanaman hijau menghiasi gedung kura-kura Senayan tersebut. 

Dari pantauan iNews.id, janur kuning melengkung di sepanjang tangga luar gedung MPR/DPR. Ada enam janur kuning di tangga ikonik itu. 

Otak di balik cantiknya gedung MPR/DPR hari ini adalah Didit Prabowo, anak Prabowo Subianto. Tak hanya bagian luar, Didit mempercantik area dalam gedung DPR juga, tempat ayahnya dilantik sebagai Presiden RI. 

Penempatan janur kuning di gedung MPR/DPR bukan sekadar pemanis, tapi ada makna di balik itu. Penasaran apa makna janur kuning tersebut? 

Makna Janur Kuning 

Menurut beberapa sumber, janur memiliki arti cahaya, diambil dari kata 'nur' dalam bahasa Arab. Ini diharapkan kegiatan tersebut bisa menjadi cahaya bagi banyak orang. 

Sementara itu, kuning dimaknai sebagai sabdo dadi yang memiliki harapan bahwa semua tindakan dan perkataan dihasilkan dari hati dan jiwa yang bersih. 

Janur kuning juga kerap diartikan sebagai cita-cita mulai nan tinggi untuk menggapai cahaya ilahi dan dibarengi dengan hati yang bening. 

Bahkan, janur kuning juga dianggap sebagai simbol kebahagiaan. Dengan hadirnya janur kuning, diharapkan tercipta kebahagiaan untuk banyak orang. 

Dengan kata lain, hiasan janur kuning yang terpasang di Gedung MPR/DPR hari ini, Minggu (20/10/2024), bukan sekadar pajangan, tapi diharapkan menjadi berkah bagi banyak orang. 

Sebagai informasi, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pada pukul 10.00 WIB. Pengucapan sumpah presiden dan wakil presiden dilakukan sekitar pukul 10.26 WIB. 

Jadi, itu dia makna janur kuning yang menghiasi gedung MPR/DPR di hari pelantikan Prabowo Gibran sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia. 

Topik Menarik