Cara Memainkan Kolintang, Alat Musik Tradisional dari Sulawesi Utara dan Sejarahnya

Cara Memainkan Kolintang, Alat Musik Tradisional dari Sulawesi Utara dan Sejarahnya

Travel | BuddyKu | Rabu, 21 September 2022 - 18:19
share

JAKARTA, iNews.id - Cara memainkan kolintang dapat dipelajari dengan mudah. Kolintang merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Utara. Ini penjelasanya lengkap.

Cara Memainkan Kolintang dan Sejarahnya

Melansir laman resmi Kemdikbud, nama kolintang sendiri berasal dari bunyinya. Adapun, bunyi alat musik ini tong jika nada rendah, ting untuk nada tinggi dan tang untuk nada tengah.

Untuk memainkan kolintang, orang Minahasa biasanya mengatakan mari bermain tong ting tang atau dalam bahasa daerahnya Maimo kumolintang. Seiring jalan waktu, dari kalimat itu akhirnya berubah menjadi kolintang.

Daerah asal kolintang adalah Sulawesi Utara, Adapun, cara memainkan kolintang dengan memukul secara ringan hingga menghasilkan suara yang panjang. Alat musik ini sendiri dibuat dengan kayu khusus yang disusun.

Kolintang sendiri hampir mirip dengan alat musik gambang yang berasal dari Jawa. Untuk memainkan kolintang kita perlu stik khusus agar suara yang dihasilkan terdengar indah dan merdu.

Stik kolintang berjumlah tiga yang mana stik nomor satu biasanya digunakan di tangan kiri, stik nomor dua dan tiga dipegang di sela-sela jari tangan kanan. Sama seperti alat musik pada umumnya kolintang juga memiliki accord sendiri untuk dimainkan.

Sementara itu. setelah mengetahui cara memainkan kolintang, ketahui juga fungsinya. Alat musik ini berfungsi sebagai penghibur diri, pengiring musik, seni tradisional dalam upacara adat dan upacara upacara ritual tertentu.

Namun, saat ini kolintang sudah banyak dimainkan di berbagai acara dan daerah lainnya. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan kalian terkait budaya Indonesia ya. Selamat belajar!

Topik Menarik