5 Hewan Langka di Indonesia yang Terancam Punah, Salah Satunya Badak Cula Satu Ujung Kulon

5 Hewan Langka di Indonesia yang Terancam Punah, Salah Satunya Badak Cula Satu Ujung Kulon

Travel | BuddyKu | Selasa, 23 Agustus 2022 - 16:58
share

JAKARTA , iNewsCilegon . id - Ada cukup banyak spesieshewanyang terancam punah akibat aksi perburuan liar yang merajalela di berbagai penjuru dunia. Perburuanyang tidak terkendali sangat membahayakan sejumlah spesies hewan yang statusnya terancam punah.

Salah satunya terjadi di Indonesia yang memiliki kekayaan alam luar biasa, termasuk jenis flora dan faunanya. Bahkan, beberapa spesies hewan yang hampir punah dan langka hanya ada di hutan-hutan di Indonesia.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah hewan-hewan langka dan terancam punah di Indonesia.

1.Komodo

Komodomerupakan spesies kadal terbesar di dunia dan hewan endemik Indonesia.Komodohanya bisa ditemui di PulauKomodo, Pulau Rinca, Pulau Flores dan pulau terdekat lainnya di NTT.

2. Orangutan

Orangutan merupakan hewan endemik yang ada di Pulau Kalimantan dan sebagian Pulau Sumatera.

Banyaknya pembalakan liar di hutan membuat habitat Orangutan terancam, dan berkurangnya pasokan makanan di alam.

3.Harimau Sumatera

Harimau Sumateramerupakan salah satu dari 6 sub spesies hariamu yang ada di dunia yang masih hidup hingga saat ini. Populasi di alam liar tidak lebih dari 400 ekor.

4. Badak Bercula Satu

Badak bercula satu merupakan salah satu hewan yang terancam punah dan hanya bisa ditemui di Taman Nasional Ujung Kulon.

Badak Jawa statusnyaterancam kritiskarena populasinya yang sedikit di alam bebas dan ketidadaannya di kebun binatang manapun.

Badak Jawa berkemungkinan adalahmamaliaterlangka di bumi. Terdapat 50-60 badak Jawa yang hidup diTaman Nasional Ujung Kulon,Pandeglang, Banten.

Berkurangnya populasi badak Jawa dapat diakibatkan oleh pemburuan, terutama karena culanya yang dianggap berharga dalampengobatan tradisional Tionghoa, yang dapat berharga US$30.000 per kilogram dipasar gelap.

5. Kura-kura Leher Ular Rote

Sesuai namanya, kura-kura ini mempunyai leher yang panjang seperti ular. Kura-kura ini hanya bisa ditemukan di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Topik Menarik