10 Superhero Terbaik Indonesia, Ada yang Masuk Marvel dan DC!

10 Superhero Terbaik Indonesia, Ada yang Masuk Marvel dan DC!

Berita Utama | BuddyKu | Minggu, 21 Agustus 2022 - 19:10
share

Jika berbicara tentang superhero , pasti yang terbesit di benak kita adalah superhero dari luar negeri, terutama buatan Marvel dan DC Comics. Jika ditanya superhero favorit pun pasti hanya kan berputar pada Iron Man, Superman, Spider-Man, Batman, dan superhero populer lainnya.

Padahal, Indonesia juga memiliki segudang karakter superhero yang enggak kalah keren. Apalagi, superhero mulai masuk ke industri perfilman, seperti Gundala yang disutradarai oleh Joko Anwar.

Ada juga film Gatotkaca yang baru saja tayang beberapa bulan yang lalu. Selain itu, film Sri Asih yang akan dibintangi oleh Pevita Pearce juga akan rilis dalam waktu dekat, di mana film ini memiliki timeline yang sama dengan film Gundala .

Lantas, apakah masih ada superhero terbaik Indonesia lainnya? Tentu saja masih banyak, dan UP Station akan merangkum 10 superhero terbaik Indonesia. Sssst, ada yang gabung Marvel dan DC Comics, loh!

1. Gundala

superhero-terbaik-indonesia-1

Gundala merupakan superhero karya komikus Hasmi pada tahun 1969 dan memiliki nama asli Sancaka. Ia merupakan salah satu superhero tertua asli Indonesia yang memiliki kekuatan petir di tangannya dan mampu berlari secepat angin.

Banyak yang menyebutkan kalau kekuatan Gundala merupakan gabungan dari Thor dan The Flash. Gundala juga menjadi film pertama dari Bumilangit Cinematic Universe (BCU) yang rilis pada tahun 2019, dengan sutradara Joko Anwar dan dibintangi Abimana Aryasatya.

2. Sri Asih

superhero-terbaik-indonesia-2

Sri Asih merupakan superhero karya R.A. Kosasih yang muncul pada tahun 1954. Layaknya Wonder Women, superhero ini mempertahankan gaya dan tradisi Indonesia. Hanya dengan mengucap kata sakti Dewi Asih, superhero ini langsung bisa mengubah wujudnya dan mendapatkan kekuatan setara 250 laki-laki.

Sri Asih yang bernama asli Nani Wijawa memiliki kekuatan kebal senjata, dapat menggandakan tubuhnya, dapat terbang, dan dapat membesarkan tubuhnya. Diperankan oleh Pevita Pearce di versi layar lebar dan akan memiliki film solonya sendiri, superhero yang satu ini sudah muncul di film Gundala garapan Joko Anwar.

3. Godam

superhero-terbaik-indonesia-3

Godam merupakan superhero karya Widodo Noor Slamet (Widodo NS) yang muncul di tahun 1969. Memiliki nama asli Awang dan cincin ajaib pemberian Bapak Kebenaran di tangannya, superhero yang satu ini dikenal memiliki kekuataan setara dengan Superman.

Di film Gundala , sosok superhero ini sempat mendapatkan teaser karena karakter Awang-lah yang mengajari Sancaka kecil ilmu bela diri yang berguna ketika ia telah bertransformasi menjadi Gundala.

Superhero yang satu ini juga dikenal dapat terbang, kebal peluru, dan memiliki tenaga layaknya para dewa. Karakter yang satu ini juga dipastikan akan mendapat versi adaptasi layar lebar yang akan diperankan oleh Chicco Jerikho.

4. Aquanus

superhero-terbaik-indonesia-4

Aquanus juga merupakan superhero karya Widodo NS yang muncul pada tahun 1968. Superhero ini dikenal dengan kekuatan super yang mirip dengan Aquaman, di mana ia bisa hidup di darat dan air.

Kekuatan Aquanus sendiri diketahui berasal dari sabuk pelangi pemberian bangsa Vibhy, di mana itu membuatnya dapat bernapas dalam air dan dapat mengeluarkan sinar yang dapat menghancurkan apapun.

Sebagai karakter yang tergabung dalam BCU, karakter ini akan diangkat ke layar lebar dan akan diperankan oleh aktor Nicholas Saputra.

5. Merpati

superhero-terbaik-indonesia-5

Merpati merupakan superhero wanita karya Hasmi yang muncul pada tahun 1977. Memiliki nama asli Sedhah Esti Wulan, Merpati merupakan istri dari Gundala. Menariknya, mereka baru saling mengetahui identitas superhero- nya masing-masing setelah menikah!

Mendapatkan ramuan ajaib dari Ratu Merpati, Merpati mempunyai kemampuan menentukan atau mendeteksi arah, serta bela diri yang sangat baik. Di dalam film Gundala , karakter ini sempat muncul dan diperankan oleh aktor cantik Tara Basro.

6. Gatotkaca

superhero-terbaik-indonesia-6

Muncul di film Satria Dewa: Gatotkaca yang tayang pada tahun 2022, Gatotkaca merupakan superhero terbaru yang muncul di layar lebar setelah Gundala. Rizky Nazar menjadi aktor utama dari film yang akan menjadi awal dari Satria Dewa Semesta ini.

Sesuai julukannya sebagai otot kawan tulang besi, Gatotkaca memiliki kekuatan manusia super. Selain itu, ia juga bisa terbang dengan kecepatan tinggi.

7. Caroq

superhero-terbaik-indonesia-7

Caroq merupakan superhero Indonesia karya Ahmad Thoriq yang diciptakan pada tahun 1992. Superhero ini memiliki kekuatan sihir dengan dua bilah celurit sakti yang panjang dan dikenal dengan dua musuh bebuyutannya, yakni Si Tangan Empat dan Si Bengis.

Menariknya, Caroq sendiri aslinya bernama Ongko, seorang supir taksi biasa yang suatu ketika mengalami sebuah kejadian. Setelah itu, ia pun memiliki kekuatan super layaknya superhero lainnya.

8. Volt

superhero-terbaik-indonesia-8

Volt merupakan superhero karya Aswin Siregar dan aktor Marcelino Lefrandt di tahun 2012. Dengan demikian, ia adalah superhero yang relatif baru dibandingkan dengan superhero lain yang ada di daftar ini.

Superhero yang datang dari Skylar Comics ini memiliki kekuatan dalam mengendalikan petir dan listrik untuk menegakkan keadilan. Volt juga dikabarkan tengah dikembangkan ke dalam berbagai jenis media seperti film layar lebar.

9. Cascade

superhero-terbaik-indonesia-9

Cascade merupakan superhero wanita asal Indonesia yang dapat mengendalikan air. Akan tetapi, ia tidak dibuat oleh komikus Indonesia. Karakter yang satu ini merupakan ciptaan Paul Kupperberg dan Dan Rodriguez, di mana tampil sebagai superhero di jagat DC Comics.

Memiliki nama asli Sujatmi Sunoparwati, ia dikenal dengan kekuatan hidrolisis yang mampu mengubah tubuhnya jadi air. Di komik DC versi New Earth, Carcage hadir dengan kostum dan kekuatan mirip Wonder Woman buatan DC, loh!

10. Komodo

superhero-terbaik-indonesia-10

Komodo merupakan salah satu superhero semesta Marvel yang berasal dari Indonesia. Memiliki nama asli Melati Kusuma, Komodo merupakan sosok dibalik seorang gadis yang mengalami kecelakaan di New York dan kehilangan kedua kakinya.

Setelah meminum serum Lizard dari Doctor Connors, ia mendapatkan perubahan kekuatan fisik, kepintaran, kecepatan, hingga stamina yang drastis.

***

Nah , itu dia deretan superhero terbaik Indonesia yang enggak kalah keren dari superhero luar negeri. Mereka semua memiliki cerita yang menarik, sehingga tentu kita ingin melihat aksi mereka di layar bioskop dan mengembangkan universe mereka sendiri.

Masih ada banyak superhero Indonesia lainnya yang enggak kalah hebat, seperti Si Buta dari Gua Hantu, Tira, Mandala, Virgo, Pangeran Mlaar, hingga Wiro Sableng. Kalau superhero Indonesia favorit kamu yang mana nih? Langsung aja tulis di kolom komentar, ya!


Dapatkan berita gaming dan informasi menarik lainnya seputar dunia game, esports, film, anime, dan lainnya hanya di UP Station.

Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian bisa langsung kunjungiUniPin! Proses cepat dan harga murah!

Pastikan untuk mengikuti perkembangan terbaru dan berita gaming lainnya di akun sosial media kami:
Facebook :UP Station Indonesia
YouTube :Upstation Media
Twitter :@Upstationmedia
Instagram :@upstation.media

YukgabungdigrupDiscord kami!
Discord :UniPin Official Community

Topik Menarik