Apa Fungsi Pancasila bagi Bangsa Indonesia? Simak Penjelasannya

Apa Fungsi Pancasila bagi Bangsa Indonesia? Simak Penjelasannya

Travel | BuddyKu | Senin, 15 Agustus 2022 - 21:14
share

JAKARTA, iNews.id - Tahukah kamu, apa fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia? Secara terminologis, Pancasila dapat diartikan sebagai lima prinsip dasar negara.

Sedangkan secara etimologis, Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, yakni panca dan sila.

Panca berarti lima, dan sila berarti dasar, jadi Pancasila adalah lima dasar dari negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kemudian, menurut Tap MPR No. III/MPR/2000 tentang Sumber Hukum Nasional dan Tata Urutan Perundangan dinyatakan bahwa Pancasila berfungsi sebagai dasar negara.
Untuk lebih memahami fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Fungsi Pancasila bagi Bangsa Indonesia?

Berikut ini fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia:

1. Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia

Pancasila sebagai jiwa bangsa berfungsi agar Indonesia tetap hidup dalam jiwa Pancasila. Pancasila dianggap lahir bersamaan dengan lahirnya bangsa Indonesia, sehingga Pancasila telah menjadi jiwa bangsa Indonesia sejak saat itu dan seterusnya.

2. Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia

Pancasila memberi corak khas bagi bangsa Indonesia dan menjadi pembeda bangsa Indonesia dengan bangsa lain.
Hal ini diwujudkan dalam tingkah laku dan sikap mental bangsa Indonesia.

3. Pancasila sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum

Dikutip dari djkn.kemenkeu.go.id, Pancasila dalam kedudukannya sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber hukum dasar nasional, menjadikan Pancasila sebagai ukuran dalam menilai hukum yang berlaku di negara Indonesia.

Hukum di Indonesia harus menjamin dan merupakan perwujudan serta tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam rumusan Pancasila sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945 dan interpretasinya dalam tubuh UUD 1945 tersebut.

Dengan demikian, Pancasila menempati posisi tertinggi sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sebagai sumber hukum dasar nasional dalam tata hukum di Indonesia.

4. Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Artinya Pancasila merupakan petunjuk dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Semua tingkah laku dan perbuatan setiap rakyat Indonesia harus mencerminkan semua sila Pancasila.

5. Pancasila sebagai Cita-cita dan Tujuan Bangsa Indonesia

Cita-cita bangsa tercantum jelas dalam setiap poin dalam Pancasila. Hal ini menjadikan Pancasila sebagai patokan atau landasan pemersatu bangsa.

6. Pancasila sebagai Falsafah Hidup Bangsa

Artinya Pancasila mempunyai makna sebagai suatu asas yang mengandung nilai-nilai lain (nalues) dasar yang berkewenangan yang telah kita yakini dan kita patuhi, sehingga asas tadi kita jadikan arah pengembangan kehidupan sekarang atau masyarakat untuk menjawab masalah-masalah yang tidak dapat secara teknis atau praktis. Dalam arti ini, filsafat merupakan konotosi sebagai sifat atau pandangan hidup.

7. Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia

Pancasila berfungsi sebagai dasar untuk mengatur pemerintahan Negara, segala sesuatu kehidupan di Indonesia, seperti rakyat, pemerintah, dan wilayah.

8. Pancasila sebagai Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia

Pancasila merupakan perjanjian luhur yang telah disepakati oleh para pendiri negara untuk dilaksanakan, dipelihara, dan dilestarikan.

Sekarang, kamu sudah mengerti apa fungsi Pancasila bagi Bangsa Indonesia, bukan? Semoga bisa menambah wawasan kebangsaan kamu, ya.

Topik Menarik