Makan Ikan Manyung saat Berkunjung ke Indramayu, Ageng Kiwi Ngaku Ketagihan

Makan Ikan Manyung saat Berkunjung ke Indramayu, Ageng Kiwi Ngaku Ketagihan

Travel | BuddyKu | Sabtu, 23 Juli 2022 - 23:37
share

INDRAMAYU, celebrities.id - Pedangdut sekaligus pencipta lagu, Ageng Kiwi mengaku ketagihan dengan masakan Kepala Ikan Manyung atau lebih dikenal dengan sebutan Pindang Gombyang. Makanan ini merupakan salah satu kuliner khas Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Menurut pemilik nama lengkap Ageng Wahono ini, pindang gombyang memiliki cita rasa berbeda dibanding dengan kuliner-kuliner kepala ikan yang lain. Selain rasanya yang lezat, kata dia, kepala ikan manyung juga diketahui memiliki kandungan protein yang tinggi.

"Saya sangat mengidolakan sekali masakan kepala ikan manyung khas Indramayu. Jadi setiap aku ke sini, aku wajib harus makan kepala ikan manyung," ujar pria kelahiran Cilacap 1970 itu, kepada MNC Portal Indonesia (MPI), di sela kegiatan syuting program acara Silet yang ditayangkan RCTI, Sabtu (23/7/2022).

Ageng Kiwi mengatakan, di Jakarta harga satu porsi kepala ikan manyung bisa mencapai Rp250.000, tapi di kota asalnya Indramayu paling mahal hanya Rp65.000.

"Makanya kemarin dari Jakarta saat mau ke Indramayu sini, saya sudah kepikiran untuk makan kepala ikan manyung," kata dia.

Diketahui, masakan Kepala Ikan Manyung atau Pindang Gombyang merupakan makanan khas Indramayu yang dibuat dengan bahan dasar kepala ikan manyung. Kuliner yang satu ini sangat digemari oleh masyarakat Indramayu karena cita rasanya yang asam dan gurih. Masakan ini bermula dari warga yang tinggal di daerah pesisir pantai yang berinisiatif mengolah limbah ikan manyung untuk dijadikan sebuah masakan sehingga akhirnya terciptalah pindang gombyang yang menjadi kuliner khas Indramayu yang terkenal dan disukai banyak orang.

Topik Menarik