Sejarah Melanesia dan Asal-usul Ras Melanesoid Terbesar di Wilayah Papua Ini

Sejarah Melanesia dan Asal-usul Ras Melanesoid Terbesar di Wilayah Papua Ini

Travel | BuddyKu | Selasa, 5 Juli 2022 - 11:46
share

JAKARTA, iNews.id - Melanesia tengah menjadi perbincangan masyarakat. Namun, tahukan kamu seperti apa sejarah dan asal usul dari ras Melanesia di Indonesia? Berikut informasi lengkapnya.

Apa Itu Ras Melanesia?

Melanesia adalah gugusan pulau di wilayah Indonesia TImur, termasuk wilayah Papua. Adapun, ras terbesar yang mendiami wilayah ini adalah Melanesoid, Melansir buku \'Ilmu Pengetahuan Sosial\' terbitan Esis, suku bangsa Melanesia memiliki ciri-ciri berkulit hitam, hidung lebar, rambut hitam keriting, serta memiliki tubuh yang tegap.

Dari Mana Asal Bangsa Melanesia?

Bangsa Melanesia diperkirakan sudah lama menetap di kepulauan Nusantara, jauh sebelum bangsa lain berdatangan ke Indonesia. Bangsa melanesoid atau disebut Papua Melanesoid termasuk dalam ras Negroid.

Dikutip dari buku \'Persiapan Cerdas Nilai Tinggi\' karya Tim Ganesha Operation, peralatan pertanian ras Melanesia masih sangat terbatas pada saat itu. Mereka bergerak mencari lahan pertanian yang lebih luas. Pada saat ini, keturunan bangsa Melanesoid mendiami pulau Papua dan kepulauan Melanesia.

Kemudian, bangsa Melanesoid bergeser ke sebelah Timur Indonesia setelah kedatangan bangsa Melayu Tua. Bahkan, di beberapa tempat ada yang mengalami percampuran dengan ras Melayu Tua.

Melanesia Suku Apa Saja?

Suku Papua dan Suku Irian

Nah, semoga informasi mengenai Melanesia di atas bisa menambah wawasan kamu ya!

Topik Menarik