Tak Hanya Tindak Pelanggaran Lalin, Operasi Zebra Juga Bantu Amankan Pelantikan Presiden Terpilih

Tak Hanya Tindak Pelanggaran Lalin, Operasi Zebra Juga Bantu Amankan Pelantikan Presiden Terpilih

Terkini | karanganyar.inews.id | Senin, 14 Oktober 2024 - 20:10
share

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Polres Karanganyar menggelar Operasi Zebra Candi 2024. Tak hanya menindak sejumlah pelanggaran lalu lintas.

Operasi Zebra Candi ini pun sekaligus untuk membantu pengamanan dan rekayasa lalu lintas dalam agenda Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Kapolres Karanganyar AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy mengatakan Operasi Zebra Candi 2024, berlangsung mulai hari ini (14/10) sampai 27 Oktober 2024 mendatang. Sementara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih berlangsung pada Minggu (20/10) mendatang. 

"Operasi Zebra Candi 2024 dalam rangka demi terwujudnya Kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman di wilayah Karanganyar serta mendukung suksesnya pelantikan presiden atau wakil presiden terpilih, " papar Kapolres, Senin (14/10/2024). 

Perwira menengah dengan dua kembang di pundak itu menyampaikan bahwa Operasi Zebra Candi 2024 dilakukan secara mobile. 

Tidak ada titik tertentu atau titik stasioner yang dijaga oleh petugas. Mereka melakukan operasi tersebut di seluruh jalan yang ada di wilayah hukum Polres Karanganyar. 

Ia mengatakan dalam operasi ini, pihaknya lebih mengedapankan tindakan preemtif dan persuasif dan humanis dalam melaksanakan tugas di lapangan.

"Tindakan penegakan hukum kita lakukan jika berpotensi terjadinya fatalitas dalam berlalu lintas,"jelasnya.

 

Sementara itu Kapolda Jawa Tengah Irjen Ribut Hari Wibowo dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kapolres Karanganyar AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy  mengatakan dari data kecelakaan lalu lintas tahun 2023 sebanyak  618 kejadian atau mengalami penurunan 102 kejadian dibandingkan dengan tahun sebelumnya, atau 14 persen. 

Jumlah korban meninggal dunia juga mengallami penurunan dari 33 orang tahun 2022 menjadi 16 orang pada tahun 2023.

"Operasi ini kita lakukan untuk mengurangi angka kecelakaan serta dalam rangka pelantikan presiden dan wakil presiden pada tanggal 20 Oktober 2024 mendatang,"paparnya.***

Topik Menarik