Senam Bersama Edukasi Kesehatan Ginjal di Surabaya, Warga Antusias!

Senam Bersama Edukasi Kesehatan Ginjal di Surabaya, Warga Antusias!

Terkini | sidoarjo.inews.id | Kamis, 26 September 2024 - 16:50
share

SURABAYA, iNewsSidoarjo id – Puluhan warga Surabaya dan Taman Sidoarjo antusias mengikuti senam bersama yang digelar di area parkir sebuah supermarket di Karangpilang, Surabaya. Kamis (26/9/2024).

Kegiatan ini adalah implementasi dari program Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya, Bekerja sama dengan RS Siti Khodijah Muhammadiyah Cabang Sepanjang.

Tidak hanya sekedar berolahraga, kegiatan itu juga menjadi wadah edukasi bagi warga tentang pentingnya menjaga kesehatan ginjal.

Dalam kesempatan ini, para peserta mendapatkan materi menarik tentang pencegahan penyakit ginjal dari narasumber ahli, Dr. Dety Nur Irawati, Sp.PD dan Dr. Sri Widyaningsih, Sp.PK(K).

Kedua dokter spesialis ini menyoroti tingginya kasus penyakit ginjal, terutama pada anak-anak, dan mengajak masyarakat untuk lebih proaktif dalam menjaga kesehatan organ vital ini.

"Kasus penyakit ginjal semakin meningkat, maka dari itu kami ingin masyarakat lebih waspada dan mengetahui cara mencegahnya," ujar Dr. Dety.

 

Senada dengan Dr. Dety, Dr. Sri Widyaningsih juga menekankan pentingnya deteksi dini.

"Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kami sangat menganjurkan masyarakat untuk rutin melakukan medical check-up (MCU) untuk memantau kesehatan ginjal mereka," terangnya.

Senam bersama ini juga dilengkapi dengan layanan pemeriksaan kesehatan gratis. Fasilitas ini sangat diapresiasi oleh peserta, seperti Wahibah (58), warga Taman.

"Senang sekali bisa ikut baksos RS Siti Khadijah. Selain senam, dapat ilmu baru tentang ginjal. Ini sangat bermanfaat bagi kami," ungkapnya.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini membuktikan bahwa kolaborasi antara institusi pendidikan dan layanan kesehatan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Dengan menggabungkan olahraga dan edukasi, program ini berhasil menarik minat masyarakat untuk lebih peduli terhadap kesehatan mereka.

Topik Menarik