Update Gempa Kabupaten Bandung, BMKG Sebut Sudah 27 Kali Gempa Susulan

Update Gempa Kabupaten Bandung, BMKG Sebut Sudah 27 Kali Gempa Susulan

Terkini | inews | Rabu, 18 September 2024 - 21:18
share

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat hingga malam ini terjadi 27 kali gempa susulan di Kabupaten Bandung usai gempa magnitudo 5,0, Rabu (18/9/2024).

Sejauh ini terpantau update gempa bumi susulan hingga pukul 20.00 WIB sejumlah 27 kali kejadian, ujar Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Bandung, Teguh Rahayu dalam keterangan resminya, Rabu (18/9/2024).

Sebelumnya, pagi ini pukul 09.41 WIB, wilayah Kabupaten Bandung Jawa Barat diguncang gempa tektonik dengan magnitudo M5,0 dengan parameter update magnitudo 4,9 yang berlokasi di darat 25 km Tenggara Kabupaten Bandung Jawa Barat pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal Garsela, kata Rahayu.

Sementara itu, Rahayu mengatakan dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser turun atau obligasi normal.

Gempa bumi ini berdampak yang dirasakan di daerah Majalaya dengan skala intensitas 3 sampai 4 MMI, daerah Banjaran dengan skala 3 MMI, daerah Lembang, Parongpong, Bandung Barat, Baleendah, Garut, Cileunyi dengan skala intensitas 2 sampai 3 MMI.

Rahayu mengatakan aktivitas gempa susulan beberapa kali dirasakan masyarakat. Meski begitu, dia meminta agar tetap tenang namun tetap juga waspada dan juga tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah, ucapnya.

Topik Menarik