Lafadz Doa Iftitah Allahu Akbar Kabiro Walhamdulillahi Katsiro: Arab dan Terjemahan Indonesia

Lafadz Doa Iftitah Allahu Akbar Kabiro Walhamdulillahi Katsiro: Arab dan Terjemahan Indonesia

Terkini | okezone | Rabu, 18 September 2024 - 12:41
share

LAFADZ doa iftitah Allahu Akbar Kabiro Walhamdulillahi Katsiro teks Arab dan terjemahan Bahasa Indonesia dibahas dalam artikel berikut ini. Sangat penting diketahui oleh kaum Muslimin untuk menambah ragam bacaan ketika sholat dan meraih pahala melimpah dari Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Doa iftitah merupakan doa yang dibaca saat menjalankan ibadah sholat. Doa ini dibaca antara takbiratul ihram dan ta'awudz sebelum membaca Surat Al Fatihah.

Dikutip dari Muslim.or.id, Ustadz Yulian Purnama mengungkapkan ada macam-macam jenis doa iftitah yang dibaca oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam dan para sahabat. Hal ini berdasarkan riwayat-riwayat yang sahih.

Salah satunya adalah doa iftitah lafadz Allahu Akbar Kabiro Walhamdulillahi Katsiro. Berikut ini penjelasannya, berdasarkan penelitian Syekh Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullah terhadap dalil-dalil doa iftitah, sebagaimana tercantum dalam kitab beliau "Sifatu Shalatin Nabi Shallallahu'alaihi Wasallam":

Doa Iftitah

اللهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

Arab latin: Allaahu akbar kabiiroo, wal hamdulillaahi katsiiroo, wa subhaanallaahi bukrataw-wa ashiilaa.

Artinya: "Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, Maha Suci Allah, baik waktu pagi dan petang." (HR Muslim 2/99)

Doa iftitah tersebut seperti dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar Radhiallahu'anhu, ia berkata:

بينما نحن نصلي مع رسول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؛ إذ قال رجل من القوم: … فذكره. فقال رسول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” عجبت لها! فتحت لها أبواب السماء “. قال ابن عمر: فما تركتهن منذ سمعت رسول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يقول ذلك

Artinya: "Ketika kami sholat bersama Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam, ada seorang lelaki yang berdoa iftitah: (lalu disebutkan doa di atas). Rasulullah Shallallahu ’alaihi wassallam lalu bersabda: 'Aku heran, dibukakan baginya pintu-pintu langit.' Ibnu Umar pun berkata: 'Aku tidak pernah meninggalkan doa ini sejak beliau berkata demikian'."

Topik Menarik