Rebut 9 Emas, ICA Antar Indonesia Jadi Juara Umum Kompetisi Cheerleading Internasional 

Rebut 9 Emas, ICA Antar Indonesia Jadi Juara Umum Kompetisi Cheerleading Internasional 

Terkini | inews | Rabu, 18 September 2024 - 11:37
share

DENPASAR, iNews.id – Indonesian Cheer Association (ICA) pada kompetisi cheerleading internasional terbesar di Asia, International Cheer Union (ICU) Asian Cheerleading Championship (ACC) dan Asian Pacific Cheer Cup (APCC) 2024 menjadi juara umum turnamen yang diselenggarakan ICA dan International Cheer Union (ICU), 14-15 September di Discovery Mall Bali. Indonesia merebut  9 emas sekaligus. 

Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah untuk keempat kalinya, sekaligus sebagai peserta dalam perlombaan cheerleading internasional terbesar di Asia, bersama Malaysia, Jepang, RRT, Chinese Taipei, Thailand, Mongolia, Bosnia & Herzegovina dan Polandia. 

Sebanyak 1.000 atlet yang berasal dari sembilan negara partisipan hadir dalam kegiatan tersebut. Acara ini juga dihadiri oleh ketua organisasi nasional cheerleading dari semua negara peserta.

"Kami sangat antusias melihat banyaknya atlet dari berbagai negara yang berpartisipasi. Pertandingan ini tidak hanya mengedepankan skill cheerleading, tapi juga menyatukan kebersamaan dan solidaritas antarnegara," ujar Dian Anggraini, Presiden ICA.

Dia mengungkapkan kebanggaannya, karena selain menjadi tuan rumah untuk keempat kalinya, Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan memperoleh 9 emas, 3 perak dan 1 perunggu, disusul dengan Chinese Taipei yang meraih 6 emas, 5 perak, dan 2 perunggu. 

Divisi yang diperlombakan pada APCC adalah group stunt, partner stunt, performance cheer, dan team cheer, sedangkan untuk ICU ACC adalah performance cheer dan team cheer. 

"Tidak hanya mempromosikan olahraga cheerleading sebagai cabang olahraga yang penuh semangat dan energi, tapi juga sebagai ajang bagi para atlet cheerleading untuk unjuk gigi menampilkan keterampilan, kekuatan dan kreativitas luar biasa mereka dalam performa tim yang baik," katanya yang terkesan terhadap keberhasilan penyelanggaraan perlombaan internasional ini.

Partisipasi dari 9 negara tersebut, dia berharap acara ini menjadi ajang untuk mempererat persahabatan para atlet cheerleading antarnegara, melalui semangat sportivitas dan kerja sama tim yang tinggi. Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sport tourism yang dapat mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara ke Bali. 

Selain perlombaan utama, kegiatan ini juga diisi dengan workshop penyuluhan cheerleading dan edukasi kesehatan. Turut hadir pula beberapa tamu kehormatan dari berbagai instansi pemerintahan, yakni Kemenparekraf, KORMI Nasional, serta Disdikpora dan Dinas Pariwisata Provinsi Bali, yang menyampaikan harapannya dapat membantu negara dalam mempromosikan keindahan Indonesia, khususnya Bali.

Topik Menarik