Dubes Iran untuk Lebanon Luka akibat Ledakan Serentak Alat Komunikasi Pager

Dubes Iran untuk Lebanon Luka akibat Ledakan Serentak Alat Komunikasi Pager

Terkini | inews | Selasa, 17 September 2024 - 22:04
share

BEIRUT, iNews.id - Duta Besar (Dubes) Iran untuk Lebanon Mojtaba Amani ikut terluka akibat ledakan alat komunikasi pager, Selasa (17/9/2024). Dia menggunakan pager sebagai alat komunikasi, sebagaimana anggota kelompok Hizbullah lainnya, yang tiba-tiba meledak secara serentak.

Kantor berita Iran Mehr melaporkan Amani dibawa ke rumah sakit, namun tak dijelaskan seperti apa luka yang dideritanya.

Ratusan orang di berbagai wilayah Lebanon bagian selatan dilaporkan luka akibat kejadian yang diduga serangan misterius dari Israel ini.

Sebelumnya Kantor Berita Nasional Lebanon (NNA) melaporkan puluhan orang terluka akibat ledakan pager yang terjadi serentak. Namun korban terus berdatangan ke rumah sakit. Bahkan ada rumah sakit yang menerima 400 korban ledakan sehingga tak mampu menampung pasien lagi.

Ledakan alat komunikasi nirkabel pager secara serentak seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Pager biasa digunakan oleh anggota Hizbullah Lebanon sebagai sistem komunikasi tertutup. Kerahasiaan informasi dari informasi yang dikirim dari perangkat itu lebih terjaga ketimbang ponsel. Pager juga relatif aman dari penyadapan.

Penyebab pasti dari bagiamana bisa pager meledak belum diketahui.

Sejauh ini belum ada pernyataan dari Israel.

Kementerian Kesehatan Lebanon juga meminta semua rumah sakit di negara itu untuk meningkatkan kesiagaan maksimal. Sangat mungkin ledakan pager terjadi di wilayah lain, bukan hanya di selatan.

Selain itu kementerian meminta semua warga yang memiliki pager untuk membuangnya.

"Kementerian Kesehatan mengharuskan rumah sakit di berbagai wilayah untuk meningkatkan kesiagaan darurat maksimal dan meminta semua pemilik pager untuk segera membuang perangkat tersebut," bunyi pernyataan.

Topik Menarik