Keluarga Jokowi Disorot jelang Akhir Jabatan, Andi Asrun: Hanya Gosip

Keluarga Jokowi Disorot jelang Akhir Jabatan, Andi Asrun: Hanya Gosip

Terkini | inews | Selasa, 17 September 2024 - 20:44
share

JAKARTA, iNews.id - Pakar hukum tata negara, Andi Asrun merespons sorotan yang belakangan terjadi terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarganya jelang akhir jabatan. Salah satunya terkait putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep yang pergi ke Amerika Serikat (AS) menggunakan pesawat jet pribadi.

Dia mengatakan fenomena-fenomena yang disorot sebatas gosip. Menurut dia, tidak ada nilai pembuktian hukumnya.

"Jadi kalau gosip itu selalu digoreng, digoyang sana, digoyang sini. Tetapi sebagai orang yang belajar hukum, saya lihat gak punya nilai apa-apa itu, bukan nilai pembuktian," ucap Andi dalam program Rakyat Bersuara bertajuk Membaca Fenomena "Agak Laen" yang tayang di iNews , Selasa (17/9/2024).

Dia mengatakan, masyarakat Indonesia masih menyukai sosok Jokowi meski banyak pemberitaan negatif.

"Secara umum masih suka dengan Pak Jokowi, itu fakta. Yang goreng-goreng ini berapa persen sih? Mungkin ga ada 1 persen dari penduduk Indonesia," katanya.

Andi menilai, jika fenomena tersebut belum berubah menjadi perkara hukum, maka itu hanya gosip belaka. Selain murahan, dia menganggap gosip hanya untuk menghibur masyarakat.

Oleh karena itu, dia meminta masyarakat untuk tidak menyebarluaskan gosip-gosip yang tak memiliki nilai hukum.

"Saya kira kalau gosip itu mungkin kita buang aja ya, baca terus buang jadi jangan disebar lagi kepada yang lain. Kalau disebar berarti kita melebarkan gosip," kata dia.

Topik Menarik