Pelatih Takraw Meninggal Dunia, PB PON XXI Wilayah Aceh Berduka

Pelatih Takraw Meninggal Dunia, PB PON XXI Wilayah Aceh Berduka

Terkini | kutaraja.inews.id | Sabtu, 14 September 2024 - 18:10
share

BANDA ACEH—Ketua Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Aceh, Dr H Safrizal ZA, M.Si menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya Pelatih Sepak Takraw asal Gorontalo Harsono Toha. Harsono menghembuskan nafas terakhirnya di RSUD dr Zubir Mahmud, Aceh Timur, Sabtu (14/9), dini hari sekira pukul 04.09 Wib. 

“Pak Harsono Toha berpulang ke Rahmatullah dalam tugas di ajang PON XXI Wilayah Aceh. Beliau Pahlawan Olahraga. Insya Allah surga balasan-Nya,” ujar Safrizal dengan suara parau dan terbata-bata. 

Menurut Dr H Safrizal ZA, M.Si yang juga PJ Gubernur Aceh itu, Harsono Toha pelatih profesional yang pantang menyerah dan patut ditiru. Bahkan dalam kondisi sakit pun beliau masih mendampingi anak asuhnya yang sedang berlaga. Pak Harsono sempat menyemangati timnya meski di atas kursi roda, dan Alhamdulillah, Squat Sepak Takraw Gorontalo Quadrant Putra meraih medali emas di ajang PON XXI Tahun 2024.

“Semangat pantang menyerah Pak Harsono Toha merupakan inspirasi bagi kami, para atlet dan seluruh tim offecial PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut,”  tutur Safrizal berkaca-kaca.  

*Sakit dan dirawat* 

Menurut laporan yang diterima Call Center PON XXI Aceh-Sumut 2024,  Pelatih Harsono Toha tiba-tiba mengeluh sakit dan langsung dirujuk ke RSUD dr Zubir Mahmud, Aceh Timur. Beliau sempat dirawat di Ruang Intensive Care Unit (ICU), karena kebutuhan medisnya. 

“Tim Medis sudah berusaha merawat beliau dengan sigap dan sebaik-baiknya, namun Allah SWT memanggil pulang Beliau pada dini hari tadi,” tutur dr Auliansyah, Sp.An-TI dalam laporannya. 

Menyangkut penanganan jenazah, Juru Bicara PB PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Aceh, Saifullah Abdulgani, jenazah Pelatih Harsono Toha ditangani dengan penuh rasa hormat oleh PB PON XXI Aceh-Sumut Wilayah Aceh. Fardhu kifayah sudah dilaksanakan di RSUD dr Zubir Mahmud dan dishalatkan. Kemudian akan diantar Tim PB PON XXI Wilayah Aceh ke Bandara Kuala Namu, di Sumatera Utara. 

“PB POB XXI Wilayah Aceh memfasilitasi prosesi fardhu kifayah, peti jenazah , dan juga ambulance yang membawa Almarhum akan dikawal khusus hingga ke Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara,” jelasnya. 

Juru Bicara yang akrab disapa SAG itu menambahkan, mobil jenazah akan bergerak menuju Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara, sekitar jam 10.00 wib. Menurut rencana, kata SAG, Jenazah akan diterbangkan ke  Gorontalo pada Minggu (15/9) sekira pukul 17.00 Wib. 

“Kita doakan semoa Allah SWT menyediakan tempat terbaik bagi Pahlawan Olahraga Sepak Takraw , Almarhum Bapak Harsono, dan keluarga yang Beliau tinggalkan tetap tabah dan tawakkal,” demikian doa Jubir SAG itu [].

Topik Menarik