Rancang Pembangkit Listrik Pintar Berbasis IoT, Siswa Madrasah Juara Kompetisi Inovasi

Rancang Pembangkit Listrik Pintar Berbasis IoT, Siswa Madrasah Juara Kompetisi Inovasi

Terkini | okezone | Selasa, 10 September 2024 - 14:29
share

MADRASAH kembali mengukir prestasi. Siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Tanah Laut, Kalimantan Selatan, berhasil menjuarai Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 5 Tahun 2023/2024 setelah merancang prototipe pembangkit listrik pintar berbasis Internet of Things (IoT).

Pembangkit listrik bernama Bioner-S: Smart Biomassa Energy itu unggul pada kategori SMA/SMK sederajat dan universitas. Tim Mechavalent dari MAN IC Tanah Laut berhasil menggunakan bahan bakar limbah biomassa dari pertanian dan mampu menganalisis arus listrik yang dihasilkan menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Selain memilih juara, siswa madrasah tersebut juga memberikan kesempatan kepada publik untuk memilih tim favorit melalui kategori People Choice Award. Pemenang ditentukan melalui penilaian yang ketat oleh tim expert melalui penilaian terhadap komentar yang unik, conversion like, dan conversion view.

Dalam kategori ini madrasah kembali menunjukkan keunggulannya. Adalah Tim RPL MAALMA 2 dari Madrasah Aliyah Ma'arif Udanawu, Blitar, yang berhasil meraih People Choice Award dari kategori SMA, SMK, MA dan setara, dengan ide solusi yang disebut Eye Cat.

Solusi pintar berbasis AI itu membantu mendeteksi kelelahan mata yang dialami oleh orang-orang yang banyak menghabiskan waktu di depan PC, supaya mereka tak sampai mengalami penyakit mata.

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Sidik Sisdiyanto memuji kompetisi inovasi yang telah menunjukkan inklusivitas bagi anak-anak muda dari sekolah menengah dan universitas untuk unjuk prestasi dan inovasi peserta didik.

Topik Menarik