Kencan Singkat dengan All New Mitsubishi Triton, Uji Ketangguhan di Habitat Aslinya

Kencan Singkat dengan All New Mitsubishi Triton, Uji Ketangguhan di Habitat Aslinya

Terkini | okezone | Selasa, 10 September 2024 - 12:05
share

BOGOR - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengadakan uji coba All New Triton pada habitat aslinya di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (9/9/2024). Trek yang disediakan cukup ekstrem dengan beragam tantangan, seperti jalur berlumpur dan tanjakan curam.

Acara tersebut digelar melibatkan jurnalis dari berbagai media nasional. Seluruhnya diberikan kesempatan untuk merasakan ketangguhan All New Triton di medan off-road yang menantang.

Setidaknya, terdapat tujuh unit All New Triton yang disediakan untuk acara ini. Unit tersebut terdiri atas varian Ultimate dengan transmisi otomatis, serta GLS dan HDX dengan transmisi manual 6 percepatan.

Test drive All New Mitsubishi Triton (Fadli Ramadan)

Uji coba ini menggunakan trek sepanjang 650 meter dengan melibatkan berbagai jenis jalur menantang, mulai dari trek dengan kubangan air, trek berlumpur, hingga kontur menanjak dan menurun. Kondisi ini diciptakan untuk memberi kesempatan bagi pengemudi memaksimalkan fitur-fitur unggalan All New Triton.

Beberapa fitur utama yang diuji adalah mode penggerak 4x4 dengan Super Select-II pada varian Ultimate, serta Hill Start Assist (HSA) dan Active Stability and Traction Control (ASTC). Ketangguhan Triton terbukti pada jalur berlumpur sepanjang 3 meter dengan kedalaman 10-30 cm. Fitur drive mode Mud dan Real Differential Lock berperan penting dalam menjaga traksi.

Saat memasuki trek dengan jalan yang tidak rata dan banyak gundukan, dengan kecepatan yang disarankan 10-20 km/jam, karakter kokoh dari All New Triton sangat terasa. Ini berkat peningkatan pada rangka.

Ketangguhan All New Triton terbukti pada jalur berlumpur sepanjang 3 meter dengan kedalaman 10-30 cm. Pada area ini, fitur drive mode Mud dan Real Differential Lock berperan penting dalam menjaga traksi.

Pengujian paling ekstrem ketika harus menuruni turunan terjal dengan tikungan ke kiri yang tajam. Bodi kendaraan terangkat hingga membentuk sudut kurang lebih 60 derajat dan roda belakang kanan terangkat.

Meski dipaksa untuk melewati jalur tersebut, namun pikap kabin ganda ini mampu melewatinya dengan mudah berkat desain sasis dan bodi yang sudah diperbarui. Selain itu, ground clearence atau jarak terendah ke tanah setinggi 222 mm juga membuat mobil ini mudah melewati berbagai medan.

Mitsubishi All New Triton dibekali mesin diesel turbo 2.4L 4N16 Euro-4 dengan tenaga maksimal 184 PS dan torsi puncak 430 Nm. Torsi yang dihasilkan juga mudah didapat pada putaran mesin 1.000 rpm.

"Sejak diluncurkan di pasar Indonesia pada tahun 2002, model Triton telah menjadi kendaraan operasional yang andal yang mendukung berbagai bisnis penting di Indonesia, serta menjadi salah satu pemimpin pasar di kelasnya," kata Presiden Direktur PT MMKSI, Atsushi Kurita di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (9/9/2024).

Topik Menarik