Rapat Terakhir, Sri Mulyani Pamitan ke DPR Usai Dapat Anggaran Rp53 Triliun di 2025

Rapat Terakhir, Sri Mulyani Pamitan ke DPR Usai Dapat Anggaran Rp53 Triliun di 2025

Terkini | okezone | Selasa, 10 September 2024 - 10:26
share

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani pamitan ke Anggota Komisi XI DPR RI saat rapat bersama pada Senin 9 September 2024. Sri Mulyani rapat bersama Komisi XI DPR ditemani Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dan Wamenkeu Thomas Djiwandono

"Alhamdulillah kemarin, RKA Kemenkeu TA 2025 telah mendapatkan persetujuan dari Komisi XI DPR. Dengan begitu, ini menjadi rapat terakhir bagi jajaran pimpinan Kementerian Keuangan dan Komisi XI terkait pembahasan anggaran Kemenkeu dalam kabinet saat ini," kata Sri Mulyani dalam akun Instagram pribadinya, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Komisi XI DPR RI menyetujui anggaran Kementerian Keuangan pada tahun anggaran 2025 senilai Rp53,19 triliun. Nilai itu masih sama dengan kesepakatan pagu indikatif sebelumnya yang disetujui pada Juni lalu.

Kami setuju anggaran Kementerian Keuangan sejumlah Rp53,19 triliun, kata Ketua Komisi XI DPR Kahar Muzakir saat rapat kerja dengan Kemenkeu.

Sri Mulyani menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas partnership yang luar biasa dari Komisi XI bersama Kementerian Keuangan. Terlebih, di tengah situasi yang sangat tidak mudah beberapa tahun terakhir, khususnya di masa pandemi covid-19.

"Berkat sinergi yang kuat dan baik ini, alhamdulillah Indonesia bisa bangkit dan pulih lebih cepat dibandingkan banyak negara lain," ujar Sri Mulyani

Sri Mulyani menambahkan, dalam berbagai episode perekonomian Indonesia, Komisi XI terus menjadi pengawal dan pengawas dari seluruh pengelolaan Kementerian Keuangan sebagai Bendahara Negara Republik Indonesia.

"Terima kasih setulus-tulusnya kepada seluruh pimpinan dan anggota DPR, khususnya Komisi XI atas berbagai dukungan yang selama ini diberikan," kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani berharap bersama-sama menjaga institusi Kemenkeu yang harus terus mampu menjawab tantangan pembangunan Indonesia, menjadi pengelola keuangan negara yang kredibel, akuntabel dan sustainable untuk mencapai cita-cita Indonesia maju, adil dan sejahtera.

Sekadar informasi, anggaran Kementerian Keuangan pada tahun anggaran 2025 senilai Rp53,19 triliun. Anggaran itu akan digunakan untuk lima program, di antaranya kebijakan fiskal senilai Rp59,19 miliar; pengelolaan penerimaan negara Rp2,38 triliun; pengelolaan belanja negara Rp45,45 miliar; pengelolaan perbendaharaan, kekayaan negara, dan risiko Rp238,13 miliar; serta dukungan manajemen Rp50,46 triliun.

Dukungan manajemen besar, karena merupakan atribusi dan dokumen untuk mendukung seluruh fungsi dari Kemenkeu, ujar Sri Mulyani.

Dukungan manajemen terbagi menjadi anggaran tanpa Badan Layanan Umum (BLU) senilai Rp40,08 triliun dan BLU Rp10,37 triliun.

Topik Menarik