7 Contoh Recount Text tentang Liburan, Lengkap dengan Struktur dan Terjemahannya

Terkini | inews | Senin, 9 September 2024 - 05:32

JAKARTA, iNews.id - Contoh recount text tentang liburan adalah salah satu materi yang bisa kita temukan di mata pelajaran Bahasa Inggris pada sekolah menengah.

Mengutip Bestiana, dkk (2017), pada bukunya yang berjudul New Edition Big Book Bahasa Inggris SMP Kelas VII, VIII & IX, recount text merupakan teks berbahasa Inggris yang isinya menceritakan pengalaman penulis.

Recount text ini isi utamanya berfokus pada menceritakan kejadian di masa lalu. Tujuan dibuatnya teks satu ini adalah menghibur atau memberikan informasi kepada para pembaca.

Struktur Recount Text

Adapun, recount text terdiri dari beberapa struktur, yakni orientation yang berisikan informasi mengenai tokoh, tempat kejadian, kapan, dan bagaimana hal tersebut berlangsung.

Events bagian pada recount text yang berisikan kejadian atau pengalaman yang disampaikan penulis secara berurutan. Sedangkan, re-orientation bagian yang memaparkan rangkuman dari kejadian ataupun peristiwa.

Contoh Recount Text tentang Liburan

Berbagai tema bisa jadi pembahasan utama dalam recount text, termasuk liburan. Berikut contoh recount text tentang liburan yang dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (7/9/2024).

1. Contoh Recount Text 1

Title: Holiday in Lembah Pelangi Waterfall (Liburan di Air Terjun Lembah Pelangi)

Orientation:

Last holiday, my beloved wife and I visited Lembah Pelangi Waterfall in Ngarip District, Tanggamus Regency, Lampung Province, Indonesia. It was the first time for me to visit such a wonderful waterfall.

Events:

To reach the waterfall location, we should go on foot after having around three hours trip riding a motorcycle from Bandar Lampung, the capital city of Lampung.

When we arrived there, I was amazed by the beautiful scenery of the waterfall. The air was so fresh at that time and I could not bear to jump into the water immediately.

It is quite windy there and all I could see only green, green, and green. Hearing the sound of falling water while we were swimming made me feel peaceful and relaxing.

Re-orientation:

Finally, the day was getting dark and it was time for us to go home. It was such an unforgettable experience for me. I really enjoyed it.

Terjemahan:

Liburan kemarin, saya dan istri tercinta mengunjungi Air Terjun Lembah Pelangi di Kecamatan Ngarip, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, Indonesia. Ini adalah pertama kalinya saya mengunjungi air terjun yang begitu indah.

Untuk mencapai lokasi air terjun, kami harus berjalan kaki setelah menempuh sekitar tiga jam perjalanan dengan mengendarai sepeda motor dari Bandar Lampung, ibu kota Lampung.

Sesampainya di sana, saya sangat takjub dengan pemandangan air terjun yang begitu indah. Udara di sana sangat segar dan saya tidak tahan untuk segera melompat ke dalam air.

Di sana cukup berangin dan yang saya lihat hanya hijau, hijau, dan hijau. Mendengar suara air yang jatuh ketika kami berenang membuat saya merasa damai dan rileks.

Akhirnya, hari mulai gelap dan sudah waktunya bagi kami untuk pulang. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan bagi saya. Saya sangat menikmatinya.

2. Contoh Recount Text 2

Title: My Holiday in Bali (Liburan Saya di Bali)

Orientation:

When I was 2nd grade of senior high school, my friends and I went to Bali. We were there for three days. I had many impressive experiences during the vacation.

Events:

First day, we visited Sanur Beach in the morning. We saw the beautiful sunrise together. It was a great scenery. Then, we checked in to the hotel. After prepared our selves, we went to Tanah Lot. We met so many other tourists there. They were not only domestic but also foreign tourists.

Second day, we enjoyed the day on Tanjung Benoa beach. We played so many water sports such as banana boat, jetsky, speedboat etc. We also went to Penyu island to see many unique animals.

They were turtles, snakes, and sea birds. We were very happy. In the afternoon, we went to Kuta Beach to see the amazing sunset and enjoyed the beautiful wave.

Re-orientation:

The last day, we spent our time in Sangeh. We could enjoy the green and shady forest. There were so many monkeys. They were so tame but sometimes they could be naughty. We could make a close interaction with them. After that, we went to Sukowati market for shopping. That was my lovely time. I bought some Bali T-Shirt and souvenirs.

In the evening, we had to check out from the hotel. We went back home bringing so many amazing memories of Bali.

Terjemahan:

Ketika saya kelas 2 SMA, saya dan teman-teman saya pergi ke Bali. Kami berada di sana selama tiga hari. Saya mendapatkan banyak pengalaman yang mengesankan selama liburan.

Hari pertama, kami mengunjungi Pantai Sanur di pagi hari. Kami melihat matahari terbit yang indah bersama-sama. Itu adalah pemandangan yang luar biasa. Kemudian, kami check in ke hotel.

Setelah mempersiapkan diri, kami pergi ke Tanah Lot. Kami bertemu dengan banyak turis lainnya di sana. Mereka bukan hanya wisatawan domestik tapi juga wisatawan mancanegara.

Hari kedua, kami menikmati hari di pantai Tanjung Benoa. Kami bermain begitu banyak olahraga air seperti banana boat, jetsky, speedboat dan lain-lain. Kami juga pergi ke Pulau Penyu untuk melihat banyak hewan unik.

Seperti penyu, ular, dan burung-burung laut. Kami sangat senang. Sore hari, kami pergi ke Pantai Kuta untuk melihat matahari terbenam yang menakjubkan dan menikmati ombak yang indah.

Hari terakhir, kami menghabiskan waktu di Sangeh. Kami bisa menikmati hutan yang hijau dan rindang. Ada begitu banyak monyet. Mereka sangat jinak namun terkadang mereka bisa menjadi nakal.

Kami bisa berinteraksi dekat dengan mereka. Setelah itu, kami pergi ke pasar Sukowati untuk berbelanja. Itu adalah waktu yang menyenangkan bagi saya. Saya membeli beberapa kaos dan souvenir khas Bali.

Di malam hari, kami harus check out dari hotel. Kami kembali ke rumah dengan membawa banyak kenangan indah di Bali.

3. Contoh Recount Text 3

Title: My Holiday was Fantastic (Liburan Saya Sangat Fantastis)

Orientation:

Last summer I got a fantastic holiday. I visited some great places. I went to an airport and was going to fly to Cleveland. I was spending there two days. I liked to see some Cleveland Cavaliers basketball matches.

Events:

Then I went to Hollywood. Hollywood is a famous district in Los Angeles, California, United States. It had become world-famous as the center of the film industry. Four major film companies - Paramount, Warner Bros., RKO and Columbia - had studios in Hollywood.

Re-orientation:

I did not want to leave but I had to. After that, I went to New York city. I visited the Statue of Liberty. I went from the bottom of Manhattan to the top of the crown. That was very amazing. The places made me feel at home but I have to go home. Next time I would return to them.

Terjemahan:

Musim panas lalu saya mendapatkan liburan yang fantastis. Saya mengunjungi beberapa tempat yang luar biasa. Saya pergi ke bandara dan akan terbang ke Cleveland.

Saya menghabiskan waktu di sana selama dua hari. Saya suka menonton beberapa pertandingan basket Cleveland Cavaliers. Kemudian saya pergi ke Hollywood. Hollywood adalah sebuah distrik terkenal di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Tempat ini terkenal di seluruh dunia sebagai pusat industri film.

Empat perusahaan film besar - Paramount, Warner Bros, RKO dan Columbia - memiliki studio di Hollywood. Saya tidak ingin pergi, tetapi saya harus pergi. Setelah itu, saya pergi ke kota New York. Saya mengunjungi Patung Liberty.

Saya pergi dari bagian bawah Manhattan ke bagian atas mahkota. Itu sangat menakjubkan. Tempat-tempat itu membuat saya merasa seperti di rumah sendiri, tetapi saya harus pulang. Lain kali saya akan kembali ke sana.

4. Contoh Recount Text 4

Title: A Day Visit to Yogyakarta (Kunjungan Sehari ke Yogyakarta)

Orientation:

Last week, I went to Yogyakarta with my family. My father drove the car. My mother sat beside him. My sister and I sat in the back seats.

Events:

We woke up early in the morning. My father prepared the car in the garage while mother was preparing food for breakfast and some snacks for us. My sister and I packed some clothes. After everything got ready and we had our breakfast, we left the house at six o'clock.

Re-orientation:

It was about nine A.M. We arrived at Yogyakarta. First of all we visited our uncle. We stayed there for an hour. Then we went to Parangtritis beach. We got there at eleven o'clock.

There were a lot of tourists because it was holiday. I saw many foreign visitors too. My parents watched us playing with sand in the beach. We did not swim and take a bath since the wave was rough. After having lunch, we went on our picnic to the museum and Malioboro shopping centre.

We drove back to Semarang at 7 o'clock and arrived home at ten. We were tired but happy.

Terjemahan:

Minggu lalu, saya pergi ke Yogyakarta bersama keluarga. Ayah saya mengemudikan mobil. Ibuku duduk di sampingnya. Saya dan adik saya duduk di kursi belakang.

Kami bangun pagi-pagi sekali. Ayah menyiapkan mobil di garasi, sementara ibu menyiapkan makanan untuk sarapan dan beberapa makanan ringan untuk kami. Kakak perempuan saya dan saya mengemasi beberapa pakaian. Setelah semuanya siap dan kami sarapan, kami meninggalkan rumah pada pukul enam.

Sekitar pukul 09.00 kami tiba di Yogyakarta. Pertama-tama kami mengunjungi paman kami.

Kami tinggal di sana selama satu jam. Kemudian kami pergi ke pantai Parangtritis. Kami tiba di sana pada pukul sebelas. Ada banyak turis karena hari itu adalah hari libur. Saya melihat banyak pengunjung asing juga.

Orang tua saya melihat kami bermain pasir di pantai. Kami tidak berenang dan mandi karena ombaknya besar. Setelah makan siang, kami pergi piknik ke museum dan pusat perbelanjaan Malioboro.

Kami kembali ke Semarang pada pukul 7 dan tiba di rumah pada pukul 10 malam. Kami sangat lelah tapi senang.

5. Contoh Recount Text 5

Title: Going to Semarang (Pergi ke Semarang)

Orientation:

Last week Wulan asked me to visit her house in Semarang. She said that if I came there, she would like to ask to visit some tourist resorts in Semarang.

Events:

Firstly, I went to Semarang by bus. At nine in the morning I arrived there. Then I directly went to Wulan's house. After few minutes taking a rest. Wulan and I went to Bandungan by motorbike. On the way we saw beautiful sceneries that reminded us to the Lembang Bandung.

Secondly, we went to Gunung Ungaran by riding on horseback. It was scary. Then we went to get a closer look at the mountain. We took pictures of the beautiful sceneries.

Thirdly, we went to the Zoo at Mankang. We saw many amazing animals there and one that impressed us was an elephant having a shower.

Re-orientation:

Finally in the afternoon we went home. Then I permitted to leave for my home town. What I did in Semarang left me many beautiful memories.

It was a fun trip that I have had.

Terjemahan:

Minggu lalu Wulan meminta saya untuk berkunjung ke rumahnya di Semarang. Dia bilang kalau saya datang ke sana, dia ingin mengajak saya mengunjungi beberapa tempat wisata di Semarang.

Pertama, saya pergi ke Semarang dengan menggunakan bus. Pukul sembilan pagi saya tiba di sana. Kemudian saya langsung menuju ke rumah Wulan. Setelah beberapa menit beristirahat.

Saya dan Wulan pergi ke Bandungan dengan menggunakan sepeda motor. Dalam perjalanan kami melihat pemandangan indah yang mengingatkan kami pada Lembang Bandung.

Kedua, kami pergi ke Gunung Ungaran dengan menunggang kuda. Rasanya menakutkan. Kemudian kami pergi untuk melihat lebih dekat ke gunung tersebut. Kami mengambil foto-foto pemandangan yang indah.

Ketiga, kami pergi ke Kebun Binatang di Mankang. Kami melihat banyak binatang yang menakjubkan di sana dan salah satu yang membuat kami terkesan adalah seekor gajah yang sedang mandi.

Akhirnya pada sore hari kami pulang. Kemudian saya izin untuk pulang ke kota asal saya. Apa yang saya lakukan di Semarang meninggalkan banyak kenangan indah.

Itu adalah perjalanan yang menyenangkan yang pernah saya alami.

6. Contoh Recount Text 6

Title: My Merry Christmas Holiday (Liburan Hari Natal)

Orientation:

Last Christmas holiday was so much fun for me. On the morning of December 24th, I helped my mother prepare Christmas Eve dinner. We cooked some turkey, roasted some chestnuts, and made a yummy log cake.

Events:

In the afternoon, we went to church for the Christmas mass & caroling. I sang joyfully with the choir group. Listening to the Christmas sermon, I could feel the warm spirit of Christmas.

At night, our relatives came over to our house for Christmas Eve dinner. We exchanged gifts as we enjoyed the delicious food. I got some nice presents like books, clothes and a new bicycle from my parents and uncles.

On the 25th of December, we visited my grandparents' house. All my cousins, aunts, and uncles were also there. We had an enjoyable time playing family games together. Grandma even let me stir the ingredients to make Christmas fruit pudding.

Re-orientation:

I was quite sad when the holiday was over. But I will forever cherish the sweet moments with my loved ones during this Christmas holiday!

Terjemahan:

Liburan Natal kemarin sangat menyenangkan bagiku. Pada pagi hari 24 Desember, saya membantu ibu menyiapkan makan malam Natal. Kami memasak kalkun, memanggang chestnut, dan membuat kue kayu yang enak.

Sore harinya, kami pergi ke gereja untuk misa Natal & menyanyikan lagu Natal. Saya bernyanyi dengan gembira bersama kelompok paduan suara. Mendengar khotbah Natal, saya merasakan hangatnya semangat Natal.

Pada malam hari, kerabat kami datang ke rumah kami untuk makan malam Natal. Kami bertukar hadiah sambil menikmati makanan lezat. Saya mendapat beberapa hadiah bagus seperti buku, pakaian dan sepeda baru dari orang tua dan paman saya.

Pada 25 Desember, kami mengunjungi rumah kakek dan nenek saya. Semua sepupu, bibi, dan paman saya juga ada di sana. Kami bersenang-senang bermain permainan keluarga bersama. Nenek bahkan mengizinkanku mengaduk bahan untuk membuat puding buah Natal.

Saya cukup sedih ketika liburan telah usai. Tapi saya akan selamanya menghargai momen manis bersama orang yang saya cintai selama liburan Natal ini!

7. Contoh Recount Text 7

Title: My Holiday in Singapore (Liburanku di Singapura)

Orientation:

Last summer, I went on a trip to Singapore with my family. We stayed there for 4 days and 3 nights.

Events:

On the first day, we visited Sentosa Island. We played at Universal Studios theme park all day long. I had so much fun enjoying different rides like the roller coaster, lazy river, and bumper cars. The Transformer ride was my favorite.

After an exciting day at the theme park, we watched the spectacular Wings of Time show. The dancing fountains and colorful lights were awesome.

The next morning we went to Marina Bay Sands. We did some shopping at the luxury branded stores. Then we went up to the Skypark at the rooftop. The infinity pool was amazing but too bad we couldn't dip in as only hotel guests were allowed.

The view from up there was stunning with the Singapore skyline. In the evening, we went on a duck tour around the Singapore River to enjoy the sights and buildings.

On our third day, we visited Merlion Park, Esplanade, and Garden by the Bay. My little sister loved the giant Merlion statue. She insisted on taking lots of pictures with it.

At the Garden by the Bay, we walked through the beautiful flower domes and towering supertrees. That night we watched an interesting laser show.

Re-orientation:

I enjoyed all the places and activities during my holiday in Singapore. It was a memorable and fun trip with my beloved family.

Terjemahan:

Musim panas lalu, saya melakukan perjalanan ke Singapura bersama keluarga saya. Kami tinggal di sana selama 4 hari 3 malam.

Pada hari pertama, kami mengunjungi Pulau Sentosa. Kami bermain di taman hiburan Universal Studios sepanjang hari. Saya sangat senang menikmati berbagai wahana seperti roller coaster, sungai malas, dan bumper car. Perjalanan Transformer adalah favoritku.

Setelah hari yang menyenangkan di taman hiburan, kami menyaksikan pertunjukan Wings of Time yang spektakuler. Air mancur menari dan lampu warna-warni sangat mengagumkan.

Keesokan paginya kami pergi ke Marina Bay Sands. Kami berbelanja di toko-toko bermerek mewah. Lalu kami naik ke Skypark di rooftop. Kolam renang tanpa batas luar biasa tapi sayang sekali kami tidak bisa berenang karena hanya tamu hotel yang diperbolehkan.

Pemandangan dari atas sana sangat menakjubkan dengan cakrawala Singapura. Sore harinya kami melanjutkan tur bebek mengelilingi Singapore River untuk menikmati pemandangan dan bangunan.

Di hari ketiga, kami mengunjungi Merlion Park, Esplanade, dan Garden by the Bay. Adik perempuanku menyukai patung Merlion raksasa. Dia bersikeras mengambil banyak foto dengannya.

Di Garden by the Bay, kami berjalan melewati kubah bunga yang indah dan pohon super yang menjulang tinggi. Malam itu kami menyaksikan pertunjukan laser yang menarik.

Saya menikmati semua tempat dan aktivitas selama liburan saya di Singapura. Sungguh perjalanan yang berkesan dan menyenangkan bersama keluarga tercinta.

Itulah ulasan mengenai contoh recount text tentang liburan. Semoga bermanfaat!