Ratusan Ikan Berlaga di 5th Kuningan Koi Show 2024, Koi Kapolres Juara di 3 Kategori

Ratusan Ikan Berlaga di 5th Kuningan Koi Show 2024, Koi Kapolres Juara di 3 Kategori

Terkini | kuningan.inews.id | Minggu, 8 September 2024 - 15:00
share

KUNINGAN,iNewsKuningan.id Ratusan penghobi ikan koi dari berbagai penjuru Indonesia beradu keindahan dan ketangguhan ikan peliharaan mereka dalam ajang 5th Kuningan Koi Show 2024 yang digelar di Diva Convention Hall Kuningan, Jabar, selama dua hari ini, Minggu (8/9).

Kontes ini menghadirkan Super Series ZNA Bandung Chapter, di mana para peserta berlomba mengumpulkan poin untuk meraih gelar juara. Ikan-ikan yang dipertandingkan dikenal handal dalam setiap seri, menjadikan ajang ini semakin kompetitif.

Salah satu peserta istimewa dalam acara ini adalah Kapolres Kuningan, AKBP Willy Andrian. Meskipun baru pertama kali berpartisipasi, ikan koi miliknya berhasil meraih juara di tiga kategori sekaligus, yakni Best Lokal E, Male Champion E, dan Best In Size E untuk ikan dengan panjang 66-70 cm.

Lebih dari 1.100 ekor ikan koi ikut serta dalam ajang ini, dengan ukuran mulai dari 12 cm hingga 70 cm. Berbagai jenis koi, seperti Kohaku, Sanke, Showa, Shiro, Goshiki, Kinginrin, Kujaku, Ochiba, dan lainnya, turut beradu di hadapan sembilan juri profesional dari berbagai daerah, termasuk Bogor, Bandung, Yogyakarta, dan Blitar.

Pj Bupati Kuningan, Raden Iip Hidajat mengapresiasi, pelaksanaan kontes ini dan berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan Kabupaten Kuningan.

"Kontes koi ini harus masuk dalam calender of event Kuningan. Karena mendatangkan peserta dari berbagai daerah," terangnya.

Lebih lanjut, Iip menyatakan bahwa ajang seperti ini bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah.

"Kontes ini membuka peluang ekonomi yang menjanjikan. Harga ikan koi bisa mencapai ratusan juta rupiah, bukan sekadar hobi tapi bisa menjadi bisnis yang prospektif," tambahnya.

Dalam ajang ini, Grand Champion A diraih oleh ikan koi jenis Showa dengan panjang 70 cm milik Firman dari Bekasi yang dibantu oleh Samurai Koi Center. Sedangkan, Grand Champion B disabet oleh ikan Shiro Utsuri dengan panjang 70 cm milik Tesar Gusmawan dari Jakarta dengan tim handling Bospren Luxury.

Untuk kategori Grand Champion C, ikan Kinginrin B milik Emanuel Kwan dari Bandung dengan ukuran 64 cm keluar sebagai juara. Sementara itu, Grand Champion D dimenangkan oleh ikan Shusui dengan panjang 70 cm milik Dede Darmana dari Jakarta dengan tim Samurai Koi Center.

Grand Champion E berhasil diraih oleh ikan Kinginrin C dengan panjang 70 cm milik Steven dari Jakarta yang dibantu oleh VOC League. Grand Champion F disabet oleh ikan Tetagoi C sepanjang 70 cm milik Alex dari Semarang dengan handling Pluto Koi Centre.

Runner-up Grand Champion A jatuh kepada ikan jenis Taisho Sanshoku dengan panjang 68 cm milik Iwak Larangan Farm dari Pati yang ditangani oleh Samurai Koi Centre. ***

Topik Menarik