Tambang Batu Bara Terbesar Korsel Jangseong Ditutup setelah 88 Tahun Beroperasi

Tambang Batu Bara Terbesar Korsel Jangseong Ditutup setelah 88 Tahun Beroperasi

Terkini | inews | Jum'at, 6 September 2024 - 21:07
share

SEOUL, iNews.id Tambang batu bara terbesar Korea Selatan, Jangseong, resmi ditutup pada Jumat (6/9/2024) setelah 88 tahun beroperasi. Penutupan itu disebabkan penurunan produksi batu bara serta kebijakan transisi negara itu ke sumber energi yang lebih ramah lingkungan.

Tambang Jangseong dengan terhormat telah menyelesaikan perannya sebagai sumber energi utama bagi pembangunan ekonomi Korea dan mengundurkan diri dengan bermartabat. Pemerintah akan mendukung Taebaek-si dan wilayah lain untuk memainkan peran penting di era energi bebas karbon, Menteri Perindustrian, Perdagangan, dan Energi Korsel, Ahn Duk Geun, seperti dikutip lembaga penyiaran KBS, hari ini.

Tambang Jangseong mulai beroperasi pada 1936 di zaman penjajahan Jepang di Semenanjung Korea. Sejak dibuka 88 tahun silam, tambang itu telah menghasilkan total 94 juta ton batu bara.

Menteri Ahn menghadiri upacara penutupan tambang itu di Taebaek-si, Provinsi Gangwon-do. Dalam kesempatan itu, dia mengucapkan terima kasih kepada para pekerja tambang yang telah mendedikasikan karya mereka di situ. Dia juga membahas langkah-langkah dukungan selanjutnya, termasuk mencari industri alternatif untuk area pertambangan itu.

Kantor berita Yonhap melaporkan, keputusan untuk menutup tambang tersebut dibuat pada 2023 oleh perusahaan milik negara Korea Coal. Itu dikarenakan produksi tahunan di Jangseong turun menjadi 67.000 ton.

Pascapenutupan Jangseong, Korea Coal hanya akan memiliki satu tambang batu bara tersisa di Samcheok. Tambang itu pun dijadwalkan bakal ditutup pada 2025.

Topik Menarik