Petaka Syukuran Pelantikan Anggota DPRD di NTT, 70 Orang Warga Keracunan Makanan

Petaka Syukuran Pelantikan Anggota DPRD di NTT, 70 Orang Warga Keracunan Makanan

Terkini | okezone | Jum'at, 6 September 2024 - 20:45
share

ALOR - Syukuran pelantikan Anggota DPRD NTT, Astria Blandina Gaidaka, di Kabupaten Alor berujung petaka. Sejumlah undangan yang hadir dalam hajatan tersebut mengalami keracunan makanan.

Sedikitnya, 70 warga Kecamatan Alor Barat Laut harus menjalani perawatan medis sepulang dari acara itu. Mereka mengalami mual dan muntah diduga karena keracunan makanan yang disantap saat acara. 

Kapolres Alor, AKBP Supriadi Rahman mengungkapkan, para korban saat ini sedang dirawat di RSUD Alor dan dua puskesmas terdekat, yakni Puskesmas Kokar dan Puskesmas Alor Kecil. 

"Di Puskesmas Kokar, 13 orang rawat jalan, sedangkan 41 orang rawat nginap. Terdiri dari 5 laki-laki dewasa, 13 perempuan dewasa dan 23 orang anak-anak," ungkap Rahman, Jumat (6/9/2024). 

AKBP Rahman menuturkan bahwa puluhan warga itu awalnya berangkat menuju Kampung Moepali Tengah, Desa Motongbang, Kecamatan Teluk Mutiara, pada Kamis (5/9/2024) untuk mengikuti acara syukuran.

Selesai acara, mereka kemudian kembali lagi ke rumah mereka di Kecamatan Alor Barat Laut sekitar pukul 14.00 Wita. Namun, malamnya mereka kemudian mulai merasa mual, pusing hingga muntah-muntah.

Sebagian besar korban saat ini sementara di rawat di Puskesmas Kokar. Lainnya ditangani di Puskesmas Alor sebanyak 3 orang, terdiri dari 2 dewasa dan 1 anak-anak. "1 rawat jalan, 2 rawat inap," beber AKBP Rahman. 

"Kemudian 13 orang yang dirawat di RSUD Kalabahi, satu laki-laki dewasa, enam perempuan dewasa dan enam anak-anak. Yang jalani rawat jalan sebanyak 10 orang, rawat inap 3 orang," tambahnya.

Informasi yang diperoleh, korban kemungkinan masih akan bertambah sebab sebagian besar warga masyarakat di wilayah Kecamatan Alor Barat Laut menghadiri acara tersebut.

Topik Menarik