Apa Itu Tren TikTok Chroming yang Sudah Merenggut Nyawa? Kenali Bahayanya

Apa Itu Tren TikTok Chroming yang Sudah Merenggut Nyawa? Kenali Bahayanya

Terkini | inews | Jum'at, 6 September 2024 - 17:20
share

JAKARTA, iNews.id - Tren TikTok Chroming telah merenggut nyawa beberapa anak muda. Kini, tren tersebut viral di platform tersebut.

Tren TikTok Chroming telah merenggut nyawa, salah satunya Esra Haynes seorang pelajar berusia 13 tahun dari Melbourne, Australia. Esra meninggalpada 31 Maret 2023 akibat paparan bahan kimia setelah mengikuti tren TikTok tersebut.

Orang tua Haynes baru-baru ini memperingatkan orang lain tentang risiko yang terkait chroming, yang telah menjadi populer di media sosial. Sebenarnya apa tren tersebut?

Tren TikTok Chroming

Dikutip dari Dexerto, Jumat (6/9/2024), chroming adalah istilah informal yang berasal dari Australia. Istilah ini merujuk pada tindakan menghirup asap dari sumber beracun seperti kaleng aerosol, deodoran semprot, atau wadah cat.

Di TikTok, pengguna yang melakukan chroming mengunggah video dengan istilah WhipTok. Istilah ini digunakan untuk penggunaan nitrogen oksida untuk rekreasi.

Menurut The National Retail Association di Australia, meskipun istilah chroming telah meluas, istilah tersebut pertama kali berasal dari praktik menghirup cat berbahan dasar chrom untuk mendapatkan efek yang tinggi.

Beberapa contoh bahan kimia beracun yang digunakan adalah kaleng aeroso, hairspray, deodoran, cairan korek api, lem, perlengkapan pembersih, nitrogen oksida, dan bensin.

Risiko Penggunaan Chroming?

Chroming melibatkan penghirupan zat beracun menciptakan efek "high" sementara, ini mirip dengan efek alkohol. Namun, aktivitas ini dapat mengakibatkan efek samping yang mematikan.

Efek samping ini meliputi serangan jantung, kejang, mati lemas, koma, tersedak, atau cedera fatal, dan dapat menyebabkan kerusakan organ permanen.

Penyalahgunaan obat dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan gangguan kognitif, termasuk ketidakmampuan berkonsentrasi, kehilangan ingatan, gangguan penilaian, dan IQ yang lebih rendah, menurut Journal of Drug and Alcohol Research.

Topik Menarik