Benarkah Ada Manfaat Surat Al Fatihah untuk Cari Jodoh?

Benarkah Ada Manfaat Surat Al Fatihah untuk Cari Jodoh?

Terkini | okezone | Kamis, 5 September 2024 - 09:38
share

BENARKAH ada manfaat Surat Al Fatihah untuk cari jodoh? Al Fatihah merupakan surat pertama dalam kitab suci Alquran. Surat Al Fatihah memiliki arti "Pembukaan" dan terdiri dari 7 ayat.

Surat Al Fatihah termasuk golongan Surat Makkiyyah atau turun kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi.

Surat Al Fatihah memiliki keutamaan yang sangat dahsyat. Surat Al Fatihah bisa disebut Ummul Kitab atau induknya kitab suci Alquran karena isinya yang merupakan rangkuman dari keseluruhan isi Alquran.

Dai muda asal Cirebon Ustadz Ady Kurniawan Al Asyrofi mengungkapkan ada dua nama lain di antara nama-nama lain dari Surat Al Fatihah beserta kandungan dan keutamaannya. Masing-masing adalah:

1. Ar-Ruqyah

Surat Al Fatihah dinamakan juga dengan Ar-Ruqyah atau obat karena dikisahkan dalam sebuah hadits sahih bahwa para sahabat pernah diminta me-ruqyah seseorang yang tersengat hewan buas kalajengking.

Para sahabat kemudian membaca Surat Al Fatihah kepada orang itu dan kemudian diberi kesembuhan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Ketika para sahabat menceritakan kisah ini kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, beliau bersabda: "Tahukah engkau bahwa Al Fatihah itu adalah ruqyah." (Hadits riwayat Imam Bukhari nomor 2276 dan Muslim: 2201 dari Abu Sa'id Al Khudri)

2. Asy-Syifaa

Surat Al Fatihah disebut juga sebagai Asy-Syifaa atau penawar. Nama ini diambil dari sebuah hadits yang diriwayatkan di dalam kitab sunan Imam Ad-Darimi dari sahabat Abu Sa'id Al Khudri, yang artinya: "Al Fatihah sebagai syifa (penawar) dari segala racun." (HR At-Tirmidzi nomor 2878 dan Al Hakim dalam Al Mustadrak (2/259)

Ustadz Ady Kurniawan mengungkapkan terdapat kandungan di dalam Surat Al Fatihah yang bisa membuat keimanan kaum Muslimin menjadi makin kuat kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Kandungan tersebut adalah:

1. Tauhid

Surat Al Fatihah memiliki kandungan tauhid. Pada tauhid ini me-review kembali keimanan umat Islam kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, pujian terhadap Allah Ta'ala, pengenalan tentang Allah Ta'ala, pengenalan tentang nama-nama dan sifat Allah Ta'ala, penegasan tentang apa-apa yang harus dilakukan dan ditinggalkan oleh hamba-Nya dan tentang peribadahan, penyembahan para hamba-Nya, hanya Allah Dzat yang wajib disembah, bukan selain-Nya.

"Maksudnya adalah tidak melakukan syirik terhadap Allah, karena syirik adalah dosa besar," jelas Ustadz Ady Kurniawan ketika dikonfirmasi Okezone , Kamis (5/9/2024).

2. Ibadah

Surat Al Fatihah juga memiliki kandungan ibadah, yaitu melakukan segala sesuatu hanya untuk Allah Subhanahu wa Ta'ala. Di dalam kegiatan sehari-hari juga diniatkan karena Allah Ta'ala, karena hanya Allah Ta'ala tuhan yang disembah dan diminta pertolongan, sebab semua perbuatan karena ridho-Nya.

3. Pendidikan akhlak

Surat Al Fatihah memiliki kandungan pendidikan akhlak, yaitu segala perbuatan sehari-hari kaum Muslimin mencerminkan budi perkerti. Bagaimana menjalani kehidupan dalam sehari-hari, mensyukuri segala sesuatu yang telah Allah Subhanahu wa Ta'ala berikan, dan menggunakan nikmat yang sudah Allah Ta'ala titipkan kepada hamba-hamba-Nya.

4. Ilmu pengetahuan

Surat Al Fatihah mempunyai kandungan sebagai ilmu pengetahuan, yaitu pendidikan yang mempelajari tentang keistimewaan dan keagungan yang terdapat di dalam Surat Al Fatihah. Bagaimana kaum Muslimin menjemput kasih sayang Allah Subhanahu wa Ta'ala, kepada siapa beribadah dan meminta pertolongan, dan menjalani kehidupan di dunia agar berada di jalan yang lurus, bukan jalan orang-orang yang dimurkai Allah Ta'ala, dan bukan juga jalan orang-orang yang sesat.

Topik Menarik