Doa Mendengar Adzan Lengkap Arti hingga Keutamaannya yang Sangat Besar

Doa Mendengar Adzan Lengkap Arti hingga Keutamaannya yang Sangat Besar

Terkini | okezone | Rabu, 4 September 2024 - 15:01
share

DOA mendengar adzan lengkap dengan arti hingga keutamaannya yang sangat besar bisa diketahui dalam artikel berikut ini. Sangat penting diamalkan kaum Muslimin di mana pun berada.

Lantunan adzan selalu didengar umat Islam setiap harinya. Adzan menjadi panggilan bagi kaum Muslimin untuk menunaikan sholat fardhu lima waktu yakni subuh, dzuhur, ashar, magrib, dan isya.

Doa Mendengar Adzan

Selaras dengan itu, umat Islam dianjurkan memanjatkan doa ketika mendengar adzan. Berikut ini bacaan doa mendengar adzan, sebagaimana dikutip dari laman Muhammadiyah :

- ( ) :

"Seseorang yang mendengarkan adzan, hendaklah mengucapkan sebagaimana yang diucapkan oleh muadzin, kecuali dalam kalimat: Hayya 'alash shalaah dan Hayya 'alal falaah . Maka mengucapkan: Laa haula wala quwwata Illa billah ."

Doa Sesudah Adzan

Selain itu, terdapat juga doa sesudah mendengar adzan. Dihimpun dari laman Rumaysho , Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc mengungkapkan bahwa setelah lantunan adzan maka setiap Muslim yang mendengarnya bisa membaca sholawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yakni " Allahumma sholli 'ala Muhammad " atau membaca sholawat Ibrahimiyyah seperti yang dibaca ketika tasyahud.

Setelah membaca sholawat, kemudian minta kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala untuk Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam wasilah dan keutamaan sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Jabir bin 'Abdillah:

Allahumma Rabba Haadzihid DaWatit Tammah Washshalaatil QaaImah. Aati Muhammadanil Wasiilata Walfadliilah WabAtshu Maqaamam Mahmuudanil Ladzii WaAdtah .

"Ya Allah. Rabb Pemilik seruan yang sempurna ini, dan Pemilik sholat yang akan didirikan ini, berikanlah wasilah (perantara) dan keutamaan kepada Muhammad. Bangkitkanlah ia pada kedudukan yang terpuji sebagaimana Engkau telah janjikan."

Kemudian membaca: " Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah wa anna muhammadan abduhu wa rasuluh, radhitu billahi robbaa wa bi muhammadin rosulaa wa bil islami diinaa ", sebagaimana disebutkan dalam hadis Sa'ad bin Abi Waqqash.

Topik Menarik