Respons Grace Natalie soal Dugaan Kaesang Pakai Jet Pribadi

Respons Grace Natalie soal Dugaan Kaesang Pakai Jet Pribadi

Terkini | inews | Selasa, 3 September 2024 - 16:06
share

JAKARTA, iNews.id – Politikus PSI Grace Natalie menanggapi Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, yang diduga menggunakan jet pribadi ke Amerika Serikat. Dugaan ini muncul usai istri Kaesang, Erina Gudono mengunggah foto perjalanan di media sosial.

Grace Natalie, yang kini menjabat sebagai Staf Khusus Presiden, menegaskan bahwa dirinya sudah tidak lagi terlibat dalam struktur PSI. Dia mengklaim tidak memantau aktivitas harian Kaesang. 

“Saya sudah nggak di struktur, jadi enggak mantau hari-hari. Dicek dulu. Ntar salah lagi informasi dari saya,” ujar Grace saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Saat ditanya lebih lanjut mengenai kebenaran penggunaan jet pribadi oleh Kaesang, Grace menyarankan agar hal tersebut langsung ditanyakan kepada yang bersangkutan.

"Mendingan tanya beliaunya langsung. Kan aku udah nggak di struktur," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua KPK Nawawi Pomolango akan meminta klarifikasi dari Kaesang terkait penggunaan pesawat jet pribadi tersebut. 

Klarifikasi ini diperlukan untuk memastikan apakah fasilitas tersebut ada kaitannya dengan status keluarganya yang banyak diisi oleh penyelenggara negara.

“Tentu perlu diklarifikasi apakah kemudahan-kemudahan yang diperoleh yang bersangkutan ada kaitannya misalnya dengan jabatan-jabatan penyelenggara negara yang disandang keluarganya,” kata Nawawi, Sabtu (31/8/2024).

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, juga mengonfirmasi surat undangan klarifikasi untuk Kaesang sedang diproses. Menurut Alex, undangan klarifikasi ini merupakan prosedur standar setelah KPK menerima laporan masyarakat terkait dugaan gratifikasi. 

“Kami sih berharap ketika melakukan klarifikasi atau apa pun untuk disampaikan, buktikan dong, misalnya, 'Saya bayar sendiri lho, ini bukti transfernya'. Jadi apa? Clear dong,” ujar Alex.

Isu penggunaan jet pribadi oleh Kaesang dan Erina menjadi viral di media sosial setelah netizen mengetahui bahwa mereka menggunakan pesawat jenis Gulfstream untuk perjalanan ke Amerika Serikat. 

Biaya sewa pesawat jenis ini dilaporkan sangat tinggi, dengan estimasi biaya mulai dari 17.000 hingga 19.750 dolar AS per jam, tergantung pada berbagai faktor seperti rute penerbangan dan jumlah penumpang.

Topik Menarik