Sambut Paus Fransiskus, Menag Yaqut Dititipi Pesan Penting terkait Perdamaian

Sambut Paus Fransiskus, Menag Yaqut Dititipi Pesan Penting terkait Perdamaian

Terkini | inews | Selasa, 3 September 2024 - 12:14
share

JAKARTA, iNews.id - Paus Fransiskus tiba di Indonesia, Selasa (3/9/2024). Paus disambut sejumlah perwakilan pemerintah, salah satunya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Yaqut mengungkapkan, ada pesan penting yang disampaikan Paus kepadanya. Paus menekankan pentingnya menjaga dialog antar-umat beragama. 

"Karena menjadi kunci toleransi dan perdamaian dunia," kata Yaqut usai penyambutan.

Menurut Menag, Paus menilai dialog umat beragama bisa mewujudkan perdamaian antar-umat manusia.

"Saya kira ini pesan paling penting dari beliau," kata Yaqut.

Paus Fransiskus berada Indonesia pada 3-6 September 2024. Ada sederet agenda yang akan dilakukan Paus dalam perjalanan apostoliknya di Jakarta.

Paus Fransiskus adalah paus ketiga yang berkunjung ke Indonesia. Pertama, adalah Paus Santo Paulus VI yang berkunjung pada 3-4 Desember 1970. 

Kedua adalah Paus Santo Yohanes Paulus II yang berkunjung ke Indonesia pada 9-14 Oktober 1989. Kini, 35 tahun berselang, giliran Paus Fransiskus yang melakukan perjalanan apostolik ke Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut hangat kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia. Dia mengucapkan selamat datang. 

"Saya atas nama rakyat Indonesia menyambut hangat, dan terima kasih atas kunjungan Yang Teramat Mulia Paus Fransiskus ke indonesia. Selamat datang Yang Teramat Mulia Sri Paus Fransiskus ke Indonesia," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Jokowi mengatakan, kunjungan Paus Fransiskus ini merupakan momen yang sangat bersejarah.

"Kunjungan ini adalah kunjungan yang sangat bersejarah. Sudah direncanakan beberapa tahun yang lalu tapi tertunda karena pandemi Covid," katanya.

Topik Menarik