Profil Luluk Nur Hamidah, Cagub Jawa Timur Berlatar Belakang Akademisi

Profil Luluk Nur Hamidah, Cagub Jawa Timur Berlatar Belakang Akademisi

Terkini | inews | Senin, 2 September 2024 - 20:10
share

JAKARTA, iNews.id PKB telah resmi mengusung Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Hakim sebagai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur untuk untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Luluk merupakan seorang politikus dengan latar belakang akademisi yang kuat dan pengalaman luas di dunia organisasi.

Latar Belakang Pendidikan dan Karier

Luluk Nur Hamidah, yang lahir pada 25 Juni 1971 di Jombang, Jawa Timur, merupakan sosok yang memiliki rekam jejak pendidikan dan profesional yang panjang.

Pendidikan awalnya dimulai di MI Darul Maa'arif, MTsN Darul Ulum, dan MAN Darul Ulum. Luluk melanjutkan studi di IAIN Sunan Ampel Malang dengan gelar Sarjana Pendidikan Agama, kemudian meraih gelar Magister Ilmu Sosiologi dari Universitas Indonesia, dan S2 Publik Administrasi dari Lee Kuan Yew School of Public Policy, National University of Singapore.

Karier Politik dan Aktivisme

Sebelum terjun ke dunia politik, Luluk aktif sebagai dosen di beberapa universitas, termasuk Universitas Nasional 1946 dan Universitas Nahdlatul Ulama.

Karier politiknya dimulai sebagai Staf Ahli Fraksi DPR pada 2009-2019, sebelum akhirnya menjadi anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah IV. Ia juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB dan Ketua III Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) dalam Pengganti Antar Waktu (PAW).

Sebagai aktivis, Luluk dikenal melalui keterlibatannya dalam organisasi Nahdlatul Ulama (NU), termasuk sebagai Wakil Ketua PP LKKNU dan Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Kontestasi Pilgub Jatim 2024

Dalam kontestasi Pilgub Jatim 2024, Luluk akan bersaing dengan calon lainnya seperti Khofifah Indar Parawansa dan Tri Rismaharini. PKB menilai Luluk sebagai figur yang membawa semangat baru dan bersih dari korupsi.

Topik Menarik