Hujan Campur Angin Puting Beliung di Siborongborong, Satu Warga Tewas Tertimpa Pohon

Hujan Campur Angin Puting Beliung di Siborongborong, Satu Warga Tewas Tertimpa Pohon

Terkini | medan.inews.id | Senin, 2 September 2024 - 15:20
share

TAPANULI UTARA, iNewsMedan.id - Hujan lebat disertai angin puting-beliung yang terjadi di Dusun Lumban Holbung, Desa Bahal Batu lll, Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), mengakibatkan satu warga meninggal dunia tertimpa pohon.

Kapolres Taput, AKBP Ernis Sitinjak SIK melalui Kasi Humas Polres Taput, Aiptu Walpon Baringbing menerangkan, terjadi bencana anginb puting-beliung pada Minggu 1 September 2024, sekira Pukul 15.00 WIB, mengakibatkan satu warga meninggal dunia dan 8 unit rumah warga rusak.

Aiptu Walpon Baringbing menjelaskan, 8 unit rumah warga yang rusak, yaitu milik Toni sihombing (35), Jampiter Sihombing (50), Darwin Sihombing (50), Fitner Sihombing (67), Lindu Aritonang (40), Rina Rihombing (50), Ropita Purba (45) dan Hotman Sihombing (55).

Korban meninggal dunia, sebut Walpon Baringbing, yakni Dimpos Sihombing (37). Dan warga yang mengalami luka ringan, yaitu Sabungan Sihombing (55), Pantur Pasaribu (45), Risma Sihombing (45 ), Demi Sihombing (9), Roniata Sihombing (27), Ririn Pasaribu (9), Yumi Pasaribu (13) dan Jasa Yandos Sihombing (23).

"Minggu 1 September 2024, sekira Pukul 14.30 WIB, tiba-tiba turun hujan es hingga hujan lebat dan disusul dengan angin puting-beliung. Warga sekitar-pun masuk ke rumah. Sedangkan korban yang meninggal dunia dan yang luka ringan, keseluruhannya berkumpul di satu rumah, karena persiapan pesta keluarga yang akan dilaksanakan Rabu depan,"ungkap Walpon Baringbing kepada MPI, Senin (1/9/2024).

Tiba- tiba, sebut Walpon Baringbing, pohon pinus diameter besar yang tepat berada di samping rumah korban, tumbang dan menimpa atap rumah hingga tembus kelantai. Akibatnya, korban tertimpa batang pohon di bagian kepala dan meninggal dunia di tempat.

Sedangkan ke-8 korban lain, pungkas Walpon Baringbing, yang mengalami luka ringan, hanya tertimpa ranting dan dahan kayu pinus dan lolos dari maut. Untuk rumah- rumah yang lain mengalami kerusakan ringan, diakibatkan angin puting-beliung.

Topik Menarik