Baterai Berpotensi Terbakar, Ribuan Mobil Listrik Jaguar I-Pace Kena Recall

Baterai Berpotensi Terbakar, Ribuan Mobil Listrik Jaguar I-Pace Kena Recall

Terkini | okezone | Senin, 2 September 2024 - 11:47
share

JAKARTA - Jaguar memutuskan melakukan penarikan kembali (recall) terhadap ribuan unit mobil listrik I-Pace. Keputusan ini terkait masalah pada baterai yang bisa tiba-tiba terbakar.

Melansir Carscoops, Senin (2/9/2024), Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat menegaskan, ini merupakan masalah serius. Pemilik dimint memarkir dan mengisi daya kendaraan mereka di luar ruangan, jauh dari bangunan.

Kampanye recall terbaru ini bertujuan mengatasi kekhawatiran pada perangkat lunak diagnostik yang diperkenalkan untuk mengatasi penarikan sebelumnya tidak memadai.

Laporan tersebut mengatakan, kendaraan-kendaraan ini mengalami kelebihan beban termal. Ini terlihat sebagai asap atau api dari bagian bawah kendaraan tempat baterai traksi tegangan tinggi berada.

Investigasi saat ini masih berlangsung. Namun, telah ditentukan bahwa perangkat lunak diagnostik tidak memberikan tingkat perlindungan yang sesuai. Hal ini sangat berbahaya karena I-Pace berpotensi terbakar tiba-tiba saat terparkir di garasi.

Penarikan tersebut berdampak pada Jaguar I-Pace tahun produksi 2019. Setidaknya sebanyak 2.760 unit mobil listrik tersebut terdampak recall untuk mendapat perbaikan pada sistem baterai.

Tiga kebakaran setelah penarikan telah dilaporkan di Amerika Serikat dan kendaraan yang terlibat dalam penarikan terakhir akan menerima perangkat lunak terbaru. Ini akan membatasi pengisian baterai hingga 80 persen. Ini hanyalah perbaikan sementara karena perbaikan permanen sedang dikembangkan.

Pemilik akan diberi tahu setelah perbaikan tersedia. Namun, mereka diminta memarkirkan kendaraannya di luar selama 30 hari setelah perbaikan selesai.

Topik Menarik