KJRI Jeddah Umumkan WNI Pulang ke Tanah Air Wajib Isi Form Health Pass untuk Cegah Mpox

KJRI Jeddah Umumkan WNI Pulang ke Tanah Air Wajib Isi Form Health Pass untuk Cegah Mpox

Terkini | okezone | Senin, 2 September 2024 - 10:06
share

KONSULAT Jenderal Republik Indonesia atau KJRI Jeddah, Arab Saudi, mengumumkan langkah-langkah pencegahan penyakit Mpox atau cacar monyet bagi warga negara Indonesia (WNI) pulang ke Tanah Air. Hal ini untuk mencegah masuknya varian baru Mpox ke Indonesia.

Para pelaku perjalanan luar negeri wajib mengisi formulir SATUSEHAT Health Pass di laman Kementerian Kesehatan. Kemudian menunjukkan QR code dari hasil pengisian tersebut kepada petugas di bandara atau pelabuhan. 

"Sehubungan dengan penetapan penyakit Mpox sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) oleh WHO pada tanggal 14 Agustus 2024, Pemerintah Indonesia Melalui Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perhubungan menetapkan langkah-langkah pencegahan dengan menerapkan penggunaan SATU SEHAT Health Pass pada Pelaku Perjalanan Luar Negeri, berlaku mulai 27 Agustus 2024," tulis KJRI Jeddah dalam unggahan di akun Facebook-nya, Ahad 1 September 2024.

"Prosedur para penumpang dari luar negeri diharapkan melakukan Pengisian form di https://sshp.kemkes.go.id dilakukan di bandar udara atau pelabuhan keberangkatan. Menunjukkan QR hasil pengisian kepada petugas karantina kesehatan di pintu masuk," imbuhnya. 

Dikutip dari laman Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh), langkah pencegahan Mpox ini juga berlaku bagi jamaah umrah. Kebijakan yang sama juga diumumkan Maskapai Saudia Airlines.

Dalam keterangan resminya Saudia Airlines menyebut "Efektif mulai tanggal 29 Agustus 2024, seluruh penumpang internasional yang tiba di Indonesia diwajibkan untuk mengisi formulir SATU SEHAT". 

Topik Menarik