Adik Prabowo Usul Hapus PPN Properti, Kenapa?

Adik Prabowo Usul Hapus PPN Properti, Kenapa?

Terkini | okezone | Minggu, 1 September 2024 - 15:12
share

JAKARTA - Satgas Perumahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto usul penghapusan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) di sektor perumahan. Satgas yang dipimpin Adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo juga berencana mendirikan Kementerian Perumahan terpisah dari Kementerian PUPR.

Ketua Satgas Perumahan Tim Transisi Presiden Terpilih Prabowo Hashim Djojohadikusumo mengatakan, hapus PPN merupakan salah satu efisiensi yang akan dilakukan.

"Ya begini untuk perumahan salah satu rekomendasi Satgas yaitu menghapus PPN perumahan terutama perumahan rakyat," kata Hashim, Minggu (1/9/2024).

Menurut Hashim, penghapusan PPN tersebut bisa berdampak mengurangi 11-12 dari biaya rumah yang bisa memakan biaya lainnya.

"Kalau itu kita bisa mengurangi 11-12 dari biaya rumah, terus ada lain-lain misalnya biaya notaris 5, itu misal kita juga kita kurangi, semua hal yang bisa kita bikin efisiensi untuk merangsang perumahan akan dilakukan, salah satu hal yang akan dihapus adalah PPN untuk perumahan," jelas Hashim.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyerahkan kelanjutan rencana kenaikan PPN 12 kepada pemerintahan baru.

Adapun Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga mengatakan penetapan kenaikan PPN menjadi 12 tergantung dari keputusan pemerintahan selanjutnya.

Topik Menarik