Inilah Makhluk yang Terakhir Meninggal pada Hari Kiamat Kelak

Inilah Makhluk yang Terakhir Meninggal pada Hari Kiamat Kelak

Terkini | okezone | Minggu, 1 September 2024 - 13:24
share

INILAH makhluk yang terakhir meninggal pada hari kiamat kelak. Diketahui bahwa hari kiamat pasti terjadi, namun waktunya hanya Allah Subhanahu wa Ta'ala yang mengetahui dan menentukannya.

Tidak ada seorang pun yang tahu kapan datangnya hari kiamat. Demikian juga Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, meskipun sebagai kekasih Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Sebagaimana telah Okezone himpun, ada tanda-tanda datangnya hari kiamat yang akan dialami oleh umat manusia. Paling puncak ketika pemusnahan seluruh makhluk di bumi maupun langit yaitu ditiupnya sangkakala.

Hal itu sebagaimana disebutkan dalam Alquran Surat Az-Zumar Ayat 68. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَنُفِخَ فِى الصُّوۡرِ فَصَعِقَ مَنۡ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنۡ فِى الۡاَرۡضِ اِلَّا مَنۡ شَآءَ اللّٰهُ ؕ ثُمَّ نُفِخَ فِيۡهِ اُخۡرٰى فَاِذَا هُمۡ قِيَامٌ يَّنۡظُرُوۡنَ

Artinya: "Dan sangkakala pun ditiup, maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi (sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun (dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah)." (QS Az-Zumar: 68)

Dalam ayat tersebut menjelaskan tentang tiupan sangkakala yang seketika memusnahkan semua isi jagat raya hanya dalam sekejap. Tentunya tiupan terompet tersebut atas izin Allah Subhanahu wa ta'ala. Tidak hanya mematikan, juga berfungsi membangkitkan kembali seluruh makhluk.

Namun, ada yang menarik. Ketika sangkakala ditiupkan, semua akan musnah, kecuali makhluk-makhluk yang dikehendaki Allah Subhanahu wa ta'ala, yaitu di antaranya Malaikat Mikail, Malaikat Israfil, Malaikat Maut, dan Malaikat Penunggu Arsy. 

Topik Menarik