5 Contoh Teks Eksposisi Definisi yang Bisa Dipahami Siswa

5 Contoh Teks Eksposisi Definisi yang Bisa Dipahami Siswa

Terkini | inews | Jum'at, 30 Agustus 2024 - 21:44
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh teks eksposisi definisi biasa kita temukan di berbagai media cetak maupun online, Teks satu ini digunakan untuk menjabarkan atau menginformasikan objek secara rinci dan lengkap. 

Mengutip Rianto (2019), Kamis (29/8/2024), dalam buku Cara Cepat Menguasai Bahasa Indonesia SMA dan MA Rangkuman Bahasa Indonesia SMA/MA, teks eksposisi adalah sebuah teks yang memuat informasi disajikan secara singkat, padat, akurat, dan mudah dipahami. 

Adapun, informasi yang disampaikan pada teks eksposisi disajikan secara lengkap dengan memuat sudut pandang tertentu disertai dengan argumentasi. 
Pengertian Teks Eksposisi Definisi

Salah satu jenis teks eksposisi yang perlu dipahami adalah eksposisi definisi. Mengutip Aulia (2022), dalam buku teks prosedur dan Teks Eksposisi , teks eksposisi definisi adalah paragraf yang memaparkan definisi atau pengertian objek tertentu. 

Contoh Teks Eksposisi Definisi

Melansir berbagai sumber, berikut contoh teks eksposisi definisi: 

1. Temulawak 

Temulawak adalah tumbuhan herbal asal Indonesia. Habitatnya berada di hutan tropis. Tumbuhan ini mampu bertahan di dataran rendah secara baik.

Kandungan tumbuhan herbal ini sangatlah banyak. Mulai dari minyak atsiri, kurkumin, hingga zat tepung. Temulawak bermanfaat dalam mencegah anemia, meningkatkan kerja ginjal, mencegah kanker, dan masih banyak lagi. 

2. Sembako

Pengertian sembako yaitu sembilan bahan-bahan pokok yang sangat diperlukan oleh manusia atau masyarakat. Sembilan bahan ini terdiri dari sejumlah bahan minum dan makanan.

Dengan kata lain, sembako merupakan kebutuhan dasar manusia dimana hampir selalu digunakan sehari-hari. Adapun jenis bahan makanan yang termasuk dalam kategori sembako yakni beras, bawang putih, dan bawang merah. 

Kemudian telur ayam, gula pasir, susu, daging ayam atau sapi, dan margarin atau minyak goreng.

Selain itu garam beryodium, gas elpiji atau minyak tanah juga termasuk dalam sembilan bahan pokok. Umumnya pada bantuan sosial sembako juga berisi bahan lain seperti kecap atau mie instan.

3. Lagu Anak 

Lagu anak merupakan jenis lagu dimana di dalamnya mengandung nilai yang disesuaikan untuk anak-anak. 

Syair atau kata-kata yang digunakan simple sehingga mudah dipahami oleh anak usia 6 hingga 12 tahun. Jadi, tidak semua lagu yang bisa dinyanyikan oleh anak-anak termasuk ke dalam jenis lagu anak.

4. Anjing 

Anjing ialah salah satu jenis hewan mamalia yang paling banyak dijumpai sebagai hewan peliharaan bagi manusia. Anjing bisa ditemukan di seluruh penjuru dunia dengan berbagai jenis ras. 

Hewan tersebut termasuk hewan sosial sehingga sangat mudah untuk diajak bermain, dilatih, dan tinggal beriringan dengan manusia.

Jumlah ras anjing yang tersebar di seluruh dunia kurang lebih ada 300 ras. Jumlah tersebut mencangkup yang tinggal di alam liar, tinggal dengan manusia, dan dilatih sebagai anjing pelacak.

5. Polusi

Definisi Polusi yaitu masuknya material atau zat ke dalam lingkungan atau alam yang sifatnya merugikan. Pencemaran atau dikenal dengan polusi akan mengubah kondisi yang semula baik menjadi lebih buruk. 

Zat dari polusi udara bisa bersumber dari cerobong asap pabrik, asap kendaraan bermotor, dan lain-lain.

Zat pencemar tersebut akan masuk ke dalam udara, selanjutnya kualitas udara menjadi menurun. Adapun polusi air saat ini menjadi permasalahan yang serius. Umumnya pencemaran banyak terjadi pada sumber aliran air di dekat pemukiman.

Jenis polusi yang juga berbahaya adalah pencemaran logam berat. Sumber zat pencemar adalah logam beracun, pestisida, sedimen, dan sebagainya. Polusi jenis ini kerap ditemukan di wilayah pesisir, akibatnya air laut memiliki kualitas menjadi menurun. 

Demikian ulasan mengenai teks eksposisi definisi. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik