Profil Pramono Anung, Sekretaris Kabinet Jokowi yang Diusung PDIP di Pilgub Jakarta

Profil Pramono Anung, Sekretaris Kabinet Jokowi yang Diusung PDIP di Pilgub Jakarta

Terkini | inews | Rabu, 28 Agustus 2024 - 16:43
share

JAKARTA, iNews.id - Profil Pramono Anung kini banyak dicari setelah tiba-tiba diusung PDIP sebagai calon gubernur DKI Jakarta. Dia resmi mendaftar ke KPU DKI Jakarta berpasangan dengan Rano Karno, Rabu (28/8/2024).

Kemunculan nama Pramono Anung yang akhirnya diusung PDIP di detik-detik terakhir mengejutkan publik. Sebab, PDIP sebelumnya santer dikabarkan bakal mencalonkan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Akan tetapi, PDIP tak kunjung mengumumkan Anies sebagai cagubnya hingga akhirnya mendaftarkan Pramono Anung-Rano Karno untuk berkontestasi di Pilgub Jakarta.

Meski demikian, ini bukan kali pertama nama Pramono muncul sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta dari PDIP. Pada Juli 2024, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sudah menyebut Pramono sebagai salah satu sosok yang dipertimbangkan untuk merebut kursi nomor satu di Jakarta. 

Hasto memuji Pramono sebagai tokoh berpengalaman yang masih energik, menggambarkannya sebagai seseorang yang masih gigih dengan pengalaman luas. Lantas, bagaimana profil Pramono Anung?

Profil Pramono Anung Cagub Jakarta Diusung PDIP

Pramono Anung Wibowo lahir di Kediri, Jawa Timur, pada 11 Juni 1963. Sebagai anak dari pasangan yang dikenal dalam komunitas lokal, Pramono dibesarkan di lingkungan yang menekankan pentingnya pendidikan dan disiplin. 

Kota Kediri, tempat ia menghabiskan masa kecil dan remajanya, menjadi saksi dari pembentukan karakter dan nilai-nilai tradisional yang kuat, serta semangat kerja keras yang dimiliki. 

Pramono Anung menyelesaikan pendidikan Teknik Pertambangan di Institut Teknologi Bandung (ITB). Dia kemudian melanjutkan studi di Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada (UGM) dan meraih gelar doktor dalam Ilmu Komunikasi Politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad). 

Pramono Anung pernah menjabat Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP pada 2005. Sebelumnya, dia sudah berkecimpung di legislatif dengan menjadi anggota DPR sejak 1999 dan pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPR pada periode 2009-2014.

Pada 12 Agustus 2015, Pramono diangkat sebagai Sekretaris Kabinet (Seskab) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdasarkan Keppres Nomor 80/P 2015. Ketika Jokowi kembali menjadi presiden pada periode 2019-2024, Pramono kembali dipercaya sebagai Seskab dalam Kabinet Indonesia Maju dan diangkat berdasarkan Keppres Nomor 115/P 2019 pada 23 Oktober 2019.

Itulah profil Pramono Anung, politisi berpengalaman yang telah menorehkan banyak prestasi di dunia politik dan pemerintahan. Dengan rekam jejak yang kuat, Pramono terus menjadi sosok berpengaruh dalam kancah politik Indonesia. 

Topik Menarik