Toyota Tiba-Tiba Tutup 14 Pabrik di Seluruh Jepang, Ada Apa?

Toyota Tiba-Tiba Tutup 14 Pabrik di Seluruh Jepang, Ada Apa?

Terkini | inews | Rabu, 28 Agustus 2024 - 14:54
share

TOKYO, iNews.id - Produsen mobil Jepang, Toyota Motor, mengumumkan penangguhan operasi semua lini produksinya di 14 pabrik di seluruh negeri sakura itu. Apa pasal?

Kantor berita Kyodo melaporkan, Topan Shanshan yang kuat saat ini terus mendekati Jepang. Hal tersebut menyebabkan sejumlah pemilik industri memutuskan untuk menutup kegiatan manufakturnya.

Keputusan untuk menghentikan produksi telah dibuat Toyota untuk memastikan keselamatan para karyawannya. Langkah itu juga diambil dengan mempertimbangkan kemungkinan dampak negatif cuaca buruk pada rantai pasokan.

Lini produksi perusahaan otomotif terkemuka itu akan ditutup mulai Rabu (28/8/2024) malam waktu setempat. Akan tetapi, belum ada tanggal yang ditetapkan kapan pabrik-pabrik tersebit mulai beroperasi kembali.

Tekanan di pusat Topan Shanshan, yang saat ini mencapai 935 hektopascal dan diperkirakan menurun setelah ini. Kecepatan angin di pusat topan adalah 50 meter per detik, dengan embusan mencapai 70 meter per detik. Topan tersebut bergerak ke arah barat laut.

Jika arah siklon tidak berubah, topan tersebut akan mencapai pantai barat daya Pulau Kyushu, Jepang, pada Kamis (29/8/2024) besok dan berubah arah ke timur. Topan itu lalu mengguncang Pulau Shikoku dan pantai barat daya Pulau Honshu.

Selanjutnya, Topan Shanshan diperkirakan menghantam Wilayah Kansai, yang meliputi Kota Osaka, Kyoto, dan Kobe, dan bergerak lebih jauh ke arah Tokyo.

Topik Menarik