WhatsApp Uji Coba Pintasan Fitur untuk Tandai Semua Pesan ‘Sudah DIbaca’

WhatsApp Uji Coba Pintasan Fitur untuk Tandai Semua Pesan ‘Sudah DIbaca’

Terkini | okezone | Rabu, 28 Agustus 2024 - 11:56
share

JAKARTA - WhatsApp untuk Android mungkin sedang menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna menandai semua obrolan sebagai telah dibaca secara sekaligus dengan pintasan baru, menurut klaim pelacak fitur WABetaInfo. Fungsionalitas tersebut ditemukan dalam versi beta aplikasi tersebut tetapi mungkin belum tersedia bagi pengguna.

Dilansir Gadget 360, fitur ini diperkirakan bekerja mirip dengan fitur 'tandai telah dibaca' pada versi iOS aplikasi tersebut yang mengubah status dari belum dibaca menjadi telah dibaca. Pengembangannya didasarkan pada fitur lain yang dilaporkan sedang dikembangkan dari layanan pesan instan tersebut, termasuk kemampuan untuk menghapus jumlah pesan yang belum dibaca.

Menurut WABetaInfo, WhatsApp sedang mengembangkan fitur tersebut sebagai alat baru untuk manajemen obrolan yang lebih baik. Fitur tersebut ditemukan pada WhatsApp beta untuk Android versi 2.24.18.11. Setelah peluncurannya, pengguna mungkin memiliki opsi untuk menghapus jumlah pesan yang belum dibaca dengan menandai semua pesan yang diterima sebagai 'telah dibaca'.

Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan oleh WABetaInfo, pintasan tersebut muncul di menu overflow yang dapat diakses di sudut kanan atas layar di bawah opsi pesan berbintang. Meskipun opsi untuk menandai semua pesan telah dibaca sudah tersedia di WhatsApp untuk Android, opsi tersebut memerlukan beberapa langkah, seperti memilih semua pesan lalu mengetuk opsi tandai sebagai telah dibaca. Peluncurannya dapat memungkinkan akses yang lebih cepat.

WABetaInfo mengklaim bahwa pintasan baru tersebut masih dalam tahap pengembangan dan mungkin tidak tersedia bahkan untuk penguji beta yang telah mendaftarkan diri melalui program Google Play Beta. Pintasan tersebut dapat diperkenalkan dengan pembaruan aplikasi tersebut di masa mendatang. Namun, penting untuk dicatat bahwa meskipun pengembang menguji banyak fitur dalam versi beta, tidak semuanya berhasil mencapai tahap peluncuran publik.

 

Selain pintasan tersebut, WhatsApp juga dilaporkan tengah mengembangkan fungsi baru lainnya. Salah satu fitur yang baru-baru ini dilaporkan adalah kemampuan AR untuk panggilan video ke platform tersebut.

Fitur ini diperkirakan memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan faktor lingkungan, seperti kondisi pencahayaan dan latar belakang, dalam panggilan video. Selain itu, fitur ini juga mencakup mode cahaya khusus dan filter sentuhan yang diklaim dapat mengubah tampilan secara real-time.

Topik Menarik