Pramono Anung Siap Lawan RK di Pilgub Jakarta: Saya Koalisi dengan Rakyat

Pramono Anung Siap Lawan RK di Pilgub Jakarta: Saya Koalisi dengan Rakyat

Terkini | inews | Rabu, 28 Agustus 2024 - 10:22
share

JAKARTA, iNews.id - Bakal Calon Gubernur (Bacagub) DKI Jakarta Pramono Anung mengaku siap bertarung dengan Ridwan Kamil (RK) yang diusung 13 partai politik (parpol) di Pilgub Jakarta 2024. Dia bakal berkoalisi dengan rakyat Jakarta untuk menang melawan RK-Suswono.

"Ya kalau udah mau maju ya tarung, bahwa dia didukung oleh semuanya saya sendirian gak apa-apa. Saya berkoalisi sama siapa? Sama rakyat aja," kata Pramono di kediamannya kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (28/8/2024).

Dia mengungkapkan, keputusan final mengenai pencalonan ini baru disampaikan kepada Pramono pada Selasa (27/8/2024) sore oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Meski demikian, Pramono sempat terus menolak keputusan tersebut.

“Kalau mau jujur, saya terus berusaha untuk tidak mau maju. Saya dan Ibu Mega sudah 27 tahun bersama di partai, dan selama itu, saya tidak pernah ingin cawe-cawe atau tampil ke depan,” ujar dia.

Menurut Pramono, hingga Senin (26/8/2024), ia masih menolak untuk maju sebagai calon gubernur. Namun, setelah berdialog dengan Megawati, ia akhirnya menerima amanat tersebut dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Intinya di awal, saya tidak berkeinginan dan menolak. Tapi setelah berbicara dengan Ibu Mega dan melihat situasi yang ada, saya putuskan, Bismillah, saya akan maju. Saya akan bekerja keras dan bersungguh-sungguh untuk amanat ini,” kata Pramono.

Diketahui, Pramono Anung bersama pasangannya, Rano Karno bakal diusung PDIP dan dijadwalkan mendaftar ke KPU Provinsi DKI Jakarta pada Rabu (28/8/2024) pukul 11.00 WIB. Keduanya akan mengenakan baju adat Betawi dan menggunakan oplet dan diiringi musik tanjidor saat mendaftar.

Mereka akan menghadapi lawan RK-Suswono alias RIDO yang diusung KIM Plus berisi 13 partai, yakni Gerindra, Golkar, Demokrat, PKB, PKS, NasDem, PAN, PSI, Perindo, Garuda, Gelora, PKN dan PPP. RK-Suswono dijadwalkan mendaftar ke KPU Jakarta pada hari ini pukul 14.00 WIB.

Topik Menarik