Surya Paloh Belajar Kepemimpinan dari Jokowi: Niat Baik Harus, tapi Strategi Perlu

Surya Paloh Belajar Kepemimpinan dari Jokowi: Niat Baik Harus, tapi Strategi Perlu

Terkini | inews | Minggu, 25 Agustus 2024 - 22:23
share

JAKARTA, iNews.id – Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengaku belajar banyak dari kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia menyebut niat baik saja tidak cukup untuk menjadi pemimpin.

Paloh menyampaikan pesan itu dalam Kongres ke-III Partai Nasdem di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (25/8/2024). 

Pernyataan Paloh yang dibalut dengan kelakar itu sempat membuat Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia dan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terbahak-bahak. 

Surya mengatakan bahwa era kepemimpinan Jokowi mengajarkan selain niat baik, strategi yang tepat juga sangat penting dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Kita belajar dari kepemimpinan Anda, Pak Jokowi, sebagai Presiden Indonesia hampir sepuluh tahun. Dari pembelajaran ini, saya bisa memahami bahwa hidup bukan hanya bermodalkan niat baik semata-mata. Niat baik itu memang harus ada, tetapi strategi yang tepat juga sangat diperlukan,” kata Surya Paloh dalam sambutannya, Minggu (25/8/2024).

Surya kemudian melontarkan candaan yang langsung diarahkan kepada Bahlil Lahadalia. 

Ia menyinggung soal niat baik yang tanpa disertai strategi yang tepat, dan menyebut bahwa Bahlil pasti bisa memahami hal tersebut.

“Begitu ada niat baik, tapi strategi tidak tepat, nah Bung Bahlil bisa menjawabnya itu, sebagai adik saya,” canda Surya Paloh.

Candaan ini langsung disambut tawa dari Bahlil yang hadir dalam acara tersebut. Anies Baswedan yang duduk di sampingnya juga ikut melepaskan tawa lepas. 

Tidak hanya itu, Jokowi yang tersorot kamera pun terlihat tersenyum, menambah kehangatan suasana di tengah kongres yang dihadiri oleh para elite politik tersebut.

Topik Menarik