BMKG: Sejumlah Wilayah di Kalteng bakaj Diguyur Hujan Hingga Satu Pekan ke Depan

BMKG: Sejumlah Wilayah di Kalteng bakaj Diguyur Hujan Hingga Satu Pekan ke Depan

Terkini | kobar.inews.id | Sabtu, 24 Agustus 2024 - 17:00
share

 

PALANGKA RAYA, iNewsKobar.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  Palangka Raya merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Kalimantan Tengah dalam satu minggu ke depan.

Prakirawan cuaca Stasiun I Tjilik Riwut Muhammad Ihsan Sidiq mengatakan,  di wilayah Kalteng diprediksi akan berawan hingga hujan ringan satu minggu ke depan dengan suhu udara berkisar antara 23°C hingga 31°C dengan kelembaban udara antara 65 hingga 100.

Menurut Ihsan, berdasarkan prediksi BMKG di tanggal 23-25 Agustus 2024, wilayah Lamandau, Katingan bagian Utara, Gunung Mas, Murung Raya, Barito Utara, dan Kapuas bagian Utara berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang.

“Sedangkan pada rentang waktu 26-29 Agustus 2024, wilayah Kotawaringin Barat, Sukamara, Lamandau, Kotawaringin Timur, Seruyan, Katingan, Gunung Mas, Murung Raya, Barito Utara , Barito Selatan, Barito Timur, Kapuas, Pulang Pisau, dan Palangka Raya juga dapat mengalami hujan dengan intensitas yang sama, yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang,” katanya.

Maka dengan ini pihaknya  mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat untuk waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Kalimantan Tengah.

“Potensi hujan lokal intensitas sedang hingga lebat dengan durasi singkat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang ataupun angin puting beliung yang terjadi di wilayah Kalteng selama satu minggu ke depan,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan peringatan tingginya gelombang yang berkisar antara 0.75 hingga 1.5 meter di wilayah perairan Selatan Kalimantan Tengah.

“Masyarakat di pesisir dekat laut untuk berhati-hati ketika beraktivitas di laut, karena tingginya gelombang,” ujarnya

Ia juga mengimbau agar masyarakat Kalteng tidak melakukan pembakaran lahan untuk tujuan apapun meski potensi hujan terjadi satu minggu ke depan.

“Cuaca dalam satu minggu ke depan sedang berawan hingga hujan ringan, tetap saat ini musim kemarau, potensi kemudahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan bisa saja terjadi, terutama Kalteng Bagian tengah dan Barat ini sangat rawan,” katanya

Topik Menarik