Heboh Simpatisan Calon Bupati Lamandau Tebar Uang saat Deklarasi Pilkada Damai

Heboh Simpatisan Calon Bupati Lamandau Tebar Uang saat Deklarasi Pilkada Damai

Terkini | inews | Selasa, 24 September 2024 - 14:26
share

LAMANDAU, iNews.id - Simpatisan salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati Lamandau, Kalimantan Tengah (Kalteng) membuat heboh acara Deklarasi Damai Pilkada Lamandau 2024 di halaman Kantor KPU Lamandau, Senin (23/9/2024). Oknum tersebut naik ke atas panggung dan menebarkan uang untuk penonton.

Berawal saat acara musik berlangsung, tiba-tiba simpatisan paslon nomor urut 2 Rizky-Hamid naik ke atas panggung dan langsung melakukan aksi tebar uang. Sontak aksinya mendapat respons dari simpatisan paslon nomor urut 1 Hendra-Budiman yang memintanya turun panggung.

Ketua Bawaslu Lamandau Yustedi saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut. Hal itu akan ditangani sesuai mekanisme penanganan dugaan pelanggaran.

“Kami jadikan sebagai Informasi awal terlebih dahulu dan memasukan dalam Laporan Hasil Pengawasan (LHP). Selanjutnya akan kami lakukan klarifikasi terlebih dahulu, baru kajian terhadap kejadian tersebut. Demikian terima kasih,” ujar Yustedi, Selasa (24/9/2024).

Diketahui, awalnya rangkaian kegiatan KPU Lamandau mulai dengan pengundian nomor urut paslon berjalan lancar. Kemudian berlanjut dengan pernyataan dan penandatanganan deklarasi kampanye damai di halaman Kantor KPU Lamandau.

Saat hiburan musik berlangsung, suasana masih damai. Terlihat kedua tim sukses paslon asyik berjoget bersama. Tak ketinggalan pasangan Hendra-Budiman ikut berbaur menikmati alunan musik.

Namun sayang, suasana riang gembira itu dirusak oknum diduga dari timses Rizky-Hamid yang tiba-tiba naik ke panggung dan menebarkan uang di tangannya. Meski diminta turun oleh panitia, oknum timses tersebut tetap berlahan dan terus mengulangi aksinya.

Tak lama berselang, seorang simpatisan Hendra-Budiman bereaksi dengan naik ke panggung untuk meminta oknum tersebut tidak melakukan aksinya. Ketegangan sempat terjadi karena yang bersangkutan enggan turun.

Ketegangan tersebut juga sempat dilerai tim Hendra-Budiman dan panitia hingga oknum yang menebarakan uang itu ditarik turun.

Saat peristiwa terjadi, Ketua KPU dan komisioner lainnya termasuk Ketua Bawaslu serta jajarannya persis berada di panggung utama. Bahkan saat itu, hadir pula Penjabat Bupati Lamandau Said Salim beserta seluruh perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Lamandau.

"Ada dua peristiwa janggal yang kejadiannya berulang. Pertama, timses paslon sebelah (Rizky-Hamid) menggunakan microphone panitia dan meneriakkan yel-yel dari atas panggung yang mana hal itu dilakukan lebih dari satu kali. Anehnya, tidak ada tindakan dari KPU maupun Bawaslu. Peristiwa kedua, ada timses sebelah yang menabur uang di acara KPU, kegiatannya di halaman KPU, bahkan disaksikan kita semua termasuk di depan mata Ketua KPU dan Bawaslu juga tidak ditegur apalagi ditindak. Ini fenomena apa? Kami sangat kecewa dan protes keras atas peristiwa memalukan ini," kata Calon Bupati nomor urut 1 Hendra Lesmana saat dikonfirmasi.

Dia juga menunggu KPU maupun Bawaslu apakah akan melakukan tindakan atau tidak terhadap peristiwa yang terjadi. Apakah aksi menabur uang yang dilakukan salah satu timses termasuk pelanggaran atau bahkan tindak pidana pemilu.

Sementara Calon Bupati Nomor Urut 2 Rizky Aditya Putra mengaku memang benar itu simpatisannya. Namun aksi tebar uang tersebut di luar kendalinya.

“Kalau ditanya itu simpatisan siapa? Ya benar simptisan saya. Itu Bapaknya anggota Dewan Lamandau dari PPP. Tapi yang jelas itu bukan uang saya. Bahkan simpatisan nomor urut satu juga turut mengambil uang itu. Kami ada bukti videonya. Hari ini pelaku diperiksa di Bawaslu Lamandau. Saya akan hadapi jika memang nanti mengarah ke kami. Karena saat ini masih belum masuk masa kampanye, jadi misal kena pelanggaran paling hanya sanksi etik,” ujar Rizky yang sebelummya sebagai anggota DPRD Kobar periode 2019-2024 saat dihubungi, Selasa (24/9/2024).

Diketahui, hasil penetapan KPU Pilkada Lamandau 2024 diikuti oleh dua paslon yakni Hendra Lesmana-Budiman dan Rizky Aditya Putra-Abdul Hamid. Saat pengundian nomor urut, paslon Hendra-Budiman mendapatkan nomor 1 dan Rizky-Hamid nomor urut 2.

Topik Menarik