Ribuan Buruh dan Mahasiswa Mulai Geruduk Gedung DPR

Ribuan Buruh dan Mahasiswa Mulai Geruduk Gedung DPR

Terkini | okezone | Kamis, 22 Agustus 2024 - 10:43
share

JAKARTA -Ribuan buruh, mahasiswa, hingga elemen masyarakat menggelar aksi demo di depan Gedung DPR/MPR RI, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Kamis (22/8/2024). Sejumlah massa aksi buruh dan masyarakat mulai berdatangan ke gedung tersebut.

Berdasarkan pantauan, para buruh yang berencana melakukan aksi demonya di depan Gedung DPR/MPR RI telah mulai berdatangan. Satu mobil komando massa aksi pun telah mejeng di depan gedung DPR/MPR RI.

Massa aksi yang datang lebih banyak didominasi para buruh dengan membawa sejumlah atribut bendera dan poster dari kardus. Terdapat pula sejumlah mahasiswa yang juga telah datang untuk turut menggelar aksi bersama para buruh.

Para buruh datang dari arah Slipi menuju Gedung DPR/MPR RI. Meski telah datang para massa aksi, arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto, tepatnya dari arah Semanggi menuju Slipi belum dilakukan penutupan.  Mereka berencana mengawal dan mendesak agar putusan MK soal ambang batas Pilkada 2024 tak dianulir.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) batal mengesahkan RUU Pilkada karena anggota DPR banyak yang tak hadir dalam rapat paripurna sehingga tak terpenuhinya kuorum.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad yang bertindak sebagai pimpinan sidang menjelaskan, rapat paripurna hanya dihadiri oleh 89 anggota dewan. Sementara 87 anggota izin.

 

"Oleh karena itu, kita akan menjadwalkan kembali rapat bamus untuk rapat paripura karena quorum tidakk terpenuhi," kata Dasco sambil mengetok palu.

Sekedar informasi, DPR RI menjadwalkan rapat paripurna untuk mengesahkan RUU Pilkada menjadi UU Kamis (22/8/2024) hari ini. Langkah itu dilamukan setelab Baleg DPR RI menyepakati pada tingkat I pembahasan RUU tersebut.

Topik Menarik