Ingin Sukses Diet Intermitten Fasting seperti Marshanda? Hindari 4 Hal Ini

Ingin Sukses Diet Intermitten Fasting seperti Marshanda? Hindari 4 Hal Ini

Terkini | okezone | Rabu, 21 Agustus 2024 - 18:39
share

DIET intermitten fasting belakangan sedang menjadi tren. Bahkan, banyak dilakukan oleh sejumlah artis ternama Tanah Air. Salah satunya, Marshanda. 

Berkat diet intermitten fasting yang ia jalani,  Marshanda baru-baru ini diketahui sukses menurunkan berat badannya hingga 17 kilogram loh! Intermittent fasting sendiri merupakan metode diet dengan cara berpuasa mengonsumsi kalori apapun selama jangka waktu atau di waktu-waktu tertentu.

Namun, faktanya, tidak semua orang berhasil dalam melakukan diet intermitten fasting. Pasalnya, masih banyak kesalahan yang kerap  dilakukan sehingga membuat diet ini kurang optimal bagi beberapa orang.

Nah, berikut sejumlah kesalahan yang kerap membuat diet intermitten fasting menjadi gagal, makanya harus dihindari saat menjalani diet intermitten fasting. Berikut ulasannya, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Rabu (21/8/2024)

1.Memilih pola diet yang salah: Kesalahan pertama adalah memilih pola diet yang salah. Anda harus paham bahwa terdapat lebih dari satu jenis intermittent fasting. Ada yang dilakukan dua kali dalam seminggu, ada pula yang dilakukan secara bergantian (hari ini puasa, besok makan secara normal).

Selain itu, durasi berpuasa dalam diet ini juga bervariasi. Biasanya orang yang memiliki aktivitas padat, bekerja, atau mempunyai jadwal olahraga rutin, lebih memilih menerapkan pola diet 16 jam berpuasa dan 8 jam boleh makan, karena pola ini dinilai lebih mudah serta tidak memberatkan.

2. Terburu-buru: Dalam artian buru-buru ingin mencapai target, padahal tubuh memerlukan penyesuaian terhadap kebiasaan baru, tak terkecuali kebiasaan makan.

 

Contohya,  terbiasa sarapan pada pukul 7 pagi. Maka jangan memaksakan untuk berpuasa di jam tersebut. Sarapan sangatlah penting,  terutama guna memberikan energi bagi tubuh untuk beraktivitas. Alih-alih memaksakan tubuh berpuasa, lebih baik  latih tubuh menjalankan kebiasaan baru secara bertahap, tak perlu terburu-buru. 

3.Berpuasa hanya dengan minum air mineral: Ialah pemahaman yang keliru bahwa kita tidak boleh mengonsumsi apa pun selama intermittent fasting.  Padahal sebenarnya, Anda masih bisa mendapatkan manfaat dari puasa dengan mengonsumsi sedikit kalori melalui minuman seperti kopi, teh, dan minuman yang mengandung elektrolit.

4. Makan di jam tengah malam: Tubuh dirancang untuk mendapatkan energi dari makan di siang hari kemudian beristirahat ketika hari sudah senja. Ketika makan di jam tengah malam, maka yang akan terjadi adalah jam istirahat yang terganggu dan meningkatkan risiko penyakit berat seperti contoh diabetes, stroke, dan sejenisnya.

Topik Menarik