Pernah Dapat Kue Azizah Jangan Selingkuh, Layakkah Zize Dapat Kesempatan Kedua?

Pernah Dapat Kue Azizah Jangan Selingkuh, Layakkah Zize Dapat Kesempatan Kedua?

Terkini | okezone | Rabu, 21 Agustus 2024 - 11:12
share

NETIZEN dibuat heboh dengan kabar perselingkuhan Azizah Salsha dengan mantan Rachel Vennya, Salim Nauderer. Kabar tersebut mencuat setelah Rachel Vennya membeberkannya lantaran mendapat telepon dari suami Azizah Salsha.

Dikabarkan, Pratama Arhan telah menjatuhi talak pada Azizah Salsha. Meski begitu, tidak diketahui kebenaran kabar tersebut, lantaran baik Arhan maupun Zize, masih belum angkat bicara.

Kasus perselingkuhan memang menjadi salah satu alasan terbesar seseorang kemudian bercerai. Banyak publik figur kemudian memilih berpisah, setelah tidak lagi bisa memaafkan pasanganya yang berselingkuh. Bahkan, kasus selingkuh itu tidak hanya terjadi sekali ini saja, melainkan sudah berulang.

Beberapa penelitian pun menunjukan bahwa orang yang pernah selingkuh, cenderung akan selingkuh lagi. Jika dilihat dari rekam jejak Azizah Salsha (Zize), isu selingkuh ini nampaknya sudah menjadi kekhawatiran para sahabatnya.

Kala itu, Zize menggelar bridal shower jelang pernikahannya, dengan Pratama Arhan, pada 20 Agustus 2023. Dalam kesempatan itu, para sahabat Zize memberikan sebuah kue yang uniknya memiliki tulisan "Azizah Jangan Selingkuh".

Lantas, benarkah mereka yang pernah selingkuh akan selingkuh lagi? Haruskah kita memberikan kesempatan kedua bagi mereka yang pernah selingkuh?

Seperti dilansir dari Mens Health, terdapat satu penelitian oleh University of Denver dan diterbitkan dalam Archives of Sexual Behavior yang mengamati pola hubungan asmara pada remaja dengan pasangan yang berselingkuh.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa orang yang melaporkan pasangan mereka telah berselingkuh, tiga kali lebih mungkin melaporkan kasus pasangannya kembali berselingkuh. Penelitian tersebut juga didukung oleh satu studi tahun 2016 yang diterbitkan oleh National Library of Medicine.

Para peneliti menemukan, di antara orang-orang yang berselingkuh dalam hubungan sebelumnya, memiliki kemungkinan 30 persen melakukan pola yang sama dengan pasangan mereka saat ini. Kedua penelitian tersebut mencatat bahwa pasangan yang telah berselingkuh lebih mungkin untuk melakukannya lagi.

Namun, itu tidak serta merta selalu terjadi. Jika dilihat pada studi tahun 2016, 70 persen orang tidak kembali tersesat pada perselingkuhan kembali. Dikatakan oleh Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog, berdasarkan beberapa penelitian memang benar bahwa orang yang pernah selingkuh berpotensi untuk selingkuh lagi.

Kalau diambil secara garis besar dari penelitian yang ada memang benar. Tetapi untuk untuk mengatakan pasangan akan kembali selingkuh lagi atau tidak itu tergantung dari diri pasangan masing-masing, ucap Psikolog Gracia.

Ia juga menambahkan bahwa tidak menutup kemungkinan orang yang pernah selingkuh dapat kembali menjalin hubungan romantis yang lebih baik. Serta, tidak melakukan kesalahannya kembali. Diucapkan oleh Psikolog Gracia, untuk dapat kembali percaya dengan pasangan yang pernah berselingkuh, itu memang dapat memakan waktu.

Perasaan khawatir akan kembali diselingkuhi adalah hal yang wajar. Bila ingin memberikan kesempatan kedua pada pasangan yang telah mengkhianati kamu, cobalah cari tahu terlebih dahulu faktor yang menyebabkan pasangan selingkuh. Kemudian, bagaimana respons mereka setelah melakukan perselingkuhan.

Lihat bagaimana usaha pasangan untuk memperbaiki hubungannya kembali. Namun, perlu disadari, memperbaiki hubungan tidak hanya pada satu pihak. Tetapi, di mana kedua pasangan sama-sama mau untuk belajar memperbaiki hubungan itu kembali, ucap Psikolog Gracia.

Pasalnya, salah satu aspek yang menyebabkan pasangan berselingkuh itu bisa jadi karena kebutuhan mereka yang tidak terpenuhi. Oleh sebab itu, jika kamu menerima mereka kembali, maka kamu harus dapat menerima alasan tersebut.

Topik Menarik