Sosok Livenia Evelyn Kurniawan, Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2024

Sosok Livenia Evelyn Kurniawan, Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2024

Terkini | samarinda.inews.id | Selasa, 20 Agustus 2024 - 14:10
share

JAKARTA, iNews.id - Peran pembawa baki Paskibraka dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia selalu menjadi sorotan.

Pada HUT RI ke-79 tahun ini, Livenia Evelyn Kurniawan, seorang pelajar asal Kalimantan Timur, diberi kehormatan untuk menjalankan tugas penting sebagai pembawa baki Paskibraka Nasional 2024 dalam upacara penaikan Bendera Merah Putih di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Keberhasilan Livenia dalam menempati posisi sebagai pembawa baki Paskibraka Nasional 2024 ini merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa dan patut dibanggakan.

Profil Livenia Evelyn Kurniawan

Livenia Evelyn Kurniawan lahir di Samarinda, Kalimantan Timur, pada tanggal 22 Juli 2008. Gadis berparas cantik ini saat ini duduk di kelas 11 SMA Katolik Santo Fransiskus Assisi Samarinda.

Sejak kecil, Livenia sudah memiliki keinginan kuat untuk menjadi anggota Paskibraka. Dengan tinggi badan 166 cm, ia tampak sangat antusias dan bangga atas pencapaiannya tersebut.

Setelah melalui proses seleksi di tingkat kota dan provinsi, Livenia berhasil menjadi salah satu anggota Paskibraka untuk upacara HUT RI ke-79 di IKN. Ia menceritakan bahwa keputusannya untuk mengikuti seleksi berawal dari informasi yang diterimanya dari pihak sekolah.

"Awalnya saya mendapat info dari sekolah bahwa ada seleksi Paskibraka HUT RI ke-79, lalu sekolah saya mengirimkan 10 perwakilan, dan saya masuk. Dalam seleksi di tingkat kota, ada beberapa tahapan seleksi seperti pengecekan tinggi dan berat badan, tes wawasan kebangsaan, tes inteligensi umum, baris-berbaris, parade, dan tes fisik seperti lari 12 menit, push up, sit up, dan run," ujar Livenia.

Siswi berusia 16 tahun ini ternyata sudah sejak lama mendambakan menjadi Paskibraka Nasional. Ia pun aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler terkait sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Cita-cita saya sejak kecil memang ingin menjadi seorang Paskibraka. Saya sudah aktif mengikuti ekstrakurikuler Paskibraka sejak SD, ujarnya dikutip dari ikn.go.id.

Dengan penuh haru, Livenia mengucapkan terima kasih kepada orang tuanya yang telah memberikan dukungan penuh hingga ia mencapai titik ini.

Aku mau mengucapkan terima kasih kepada mama karena sudah sangat mendukung aku, mama sudah banyak membantu, dan papa juga sudah mensupport aku, ucapnya dengan mata yang berkaca-kaca.

Biodata Livenia Evelyn Kurniawan

Nama Lengkap: Livenia Evelyn Kurniawan
Tempat/Tanggal Lahir: Samarinda, 22 Juli 2008
Agama: Kristen
SMA: SMA Katolik Santo Fransiskus Assisi Samarinda, Kelas 11
SMP: SMP Tarakanita Gading Serpong
Nama Orang Tua: Bong Eddy Kurniawan-Tan dan Ivana Kalma

Topik Menarik