Kebakaran Pasar Kutoarjo, 400 Pedagang Kehilangan Tempat Usaha

Kebakaran Pasar Kutoarjo, 400 Pedagang Kehilangan Tempat Usaha

Terkini | inews | Jum'at, 16 Agustus 2024 - 16:11
share

PURWOREJO, iNews.id Ratusan pedagang yang biasa berjualan di Pasar Kutoarjo, Kabupaten Purworejo kehilangan tempat usaha setelah pasar tersebut ludes terbakar, Jumat (16/8/2024). Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kebakaran pasar tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Satpol PP dan Damkar Purworejo, Budi Wibowo mengatakan, dari pendataan sementara, kurang lebih ada 400 pedagang yang terdampak kebakaran pasar.

Pedagang aktif yang ada di Pasar Kutoarjo sekitaran 714 orang. Jumlah itu, terdiri atas 202 kios dari total 254 kios. Kemudian ada los yang aktif 319 dari 2.666 terutama di lantai atas yang masih kosong. Ada pula yang berjualan di sela-sela antara kios satu dengan kios lain dengan jumlah 193, ungkapnya.

Dia mengatakan, kebakaran Pasar Kutoarjo diduga akibat korsleting listrik dari bawah bagian tengah. Api kemudian mengarah ke bagian utara pasar.

Setelah itu, api langsung naik ke atas dan melahap semua ruangan yang ada pada Pasar Kutoarjo, ujarnya.

Kepala Regu Damkar Kebumen, Muhidin mengatakan, kebakaran Pasar Kutoarjo terjadi pukul 07.00 WIB. Kami langsung berkoordinasi dengan tim untuk segera menuju ke lokasi, katanya.

Dia menuturkan, kendala yang dihadapi tim damkar dalam pemadaman api karena kurangnya armada. Pimpinan langsung menghubungi damkar Kebumen dengan jumlah 3 unit, damkar Magelang 3, Kulonprogo 2, ditambah lagi bantuan dari PDAM, tim medis, dan Dinas Lingkungan, ujarnya.

Topik Menarik