Gerindra Sebut PKB Siap Bergabung KIM Plus di Pilkada Jakarta, Bagaimana Nasib Anies?

Gerindra Sebut PKB Siap Bergabung KIM Plus di Pilkada Jakarta, Bagaimana Nasib Anies?

Terkini | inews | Selasa, 13 Agustus 2024 - 17:18
share

JAKARTA, iNews.id Partai Gerindra menyebut PKB memberi sinyal akan bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus di Pilkada Jakarta. Nasib Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur makin tidak jelas.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengonfirmasi Gerindra dan PKB kemungkinan besar akan bergabung dalam koalisi di beberapa daerah, termasuk Jakarta.

"Kami kemungkinan besar akan kerja sama dengan PKB di beberapa daerah, termasuk DKI Jakarta. Apa yang disampaikan PKB, kami konfirmasi, kira-kira begitu," ujarnya, Selasa (13/8/2024).

Lebih lanjut, Dasco mengungkapkan pembicaraan antara Partai Gerindra dan PKB juga mencakup calon Gubernur Jakarta yang akan diusung.

"Nama-nama calon itu akan dibicarakan bersama," ujarnya.

Selain PKB, Gerindra juga sedang menjajaki kemungkinan kerja sama dengan PKS terkait Pilkada Jakarta.

"Karena ada opsi dari PKS untuk bekerja sama dengan KIM, kami sudah beberapa kali berkomunikasi dengan PKS," ujar Dasco.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid menyebut dukungan awal PKB kepada Anies Baswedan yang sempat mencuat di Jakarta kini menghadapi beberapa tantangan.

"Ada sinyal dukungan yang mungkin ditarik kembali. Ini bukan berarti PKB menutup pintu bagi pencalonan Anies Baswedan, tetapi ada perubahan dalam dinamika politik," kata Jazilul, Senin (12/8/2024).

Jazilul menjelaskan perubahan dalam dukungan tersebut akan dikomunikasikan dengan DPW PKB DKI Jakarta.

"Kita akan menyampaikan kepada DPW bahwa jalan tidak terlalu mulus. Ini adalah bagian dari proses komunikasi politik yang terus berjalan," ujarnya.

Topik Menarik